Pemerkosaan Perempuan Amoi di Jakarta Saat Insiden Mei 1998

Etnis Tionghoa, terutama kaum perempuannya, adalah target paling lemah dan mudah dituju. Puluhan atau bahkan mungkin ratusan perempuan Amoi etnis Tionghoa menjadi korban pelecehan seksual dan perkosaan yang terjadi ketika rumah-rumah atau toko-toko mereka dibakar dan dijarah pada tanggal 13 dan 14 Mei 1998 dulu di Jakarta. Begitu biadabnya para pelaku Fankui, seolah mereka sudah tidak memiliki rasa perikemanusian sedikitpun.
Para korban Amoi tidak saja dilecehkan atau diperkosa, tapi ada pula yang dicekik dan dibunuh, bahkan dimutilasi dan dibakar. Sebagian korban mengalami gangguan jiwa sangat serius. Mengingat para korban sangat trauma dan ketakutan untuk mengungkapkan peristiwa yang menimpa mereka, maka para relawan bersikap pro aktif, dengan mencari para korban, mengunjungi rumah sakit dan membuka hotline. Sejauh ini, tim sudah mengidentifikasi sekitar 50 kasus.
Setiap harinya sekitar dua puluh lima perempuan Amoi menelepon hotline tersebut. Berikut sejumlah kasus pelecehan seksual dan perkosaan yang telah diidentifikasi oleh Divisi Perempuan, yaitu kelompok relawan dari berbagai LSM yang peduli terhadap nasib korban, dituturkan oleh koordinatornya Ita Nadia.
Ketika para pegawai pulang naik bis didalam bis, penumpang di pilah-pilah. Para penumpang bis yang kebanyakan perempuan Tionghoa disuruh turun, disuruh membuka baju, dan kemudian disuruh jalan berbaris. Mereka digiring ke padang ilalang dipinggir jalan dan di pilah-pilah lagi. Yang berparas cantik diperkosa. Sedangkan yang berparas tidak begitu cantik disuruh berjalan telanjang. Kasus berikutnya, perempuan-perempuan Tionghoa secara ramai-ramai ditelanjangi dijalan raya, kemudian tubuhnya digerayangi. Kami menemukan putingnya ada yang sobek dan seluruh badan memar. 
Ada lagi kasus lain, seperti insiden pemerkosaan pegawai bank swasta. Sebanyak sepuluh orang memasuki bank dan menutup bank tersebut. Para pegawai perempuan yang Tionghoa disuruh menari-nari dengan telanjang. Kemudian kasus lain, ada tiga anak gadis dari keluarga Tionghoa miskin yang diperkosa. Mereka berumur sepuluh sampai delapan belas tahun, diperkosa oleh tujuh orang disebuah tempat di Jakarta Utara.
Yang berikutnya, adalah sebuah keluarga Tionghoa yang kebetulan kakak perempuan para korban mengaku kepada Ita Nadia bahwa dua adik perempuannya diperkosa di lantai tiga rumah mereka oleh tujuh orang pula. Setelah diperkosa, dua adik perempuan itu didorong ke lantai dua dan satu dimana api telah berkobar, sehingga dua adik tersebut meninggal. Itu beberapa kasus. Pada kasus-kasus lain, mereka biasanya diperkosa kemudian dicekik.
Tetapi ada juga yang ketika diperkosa, korban Amoi kemudian membunuh diri. Para korban ini tidak hanya diperkosa di vagina tetapi juga di dubur, juga diikuti pula dengan pengrusakan vagina. Itu dilakukan secara sistematis karena tidak dilakukan oleh orang biasa. Secara politis, bisa dikatakan bahwa ini adalah perbuatan untuk menunjukkan, “Kalau kamu menuntut reformasi dan demokrasi, ini adalah bagian yang harus kamu bayar. Dan bagian yang harus kamu bayar adalah mengorbankan etnis Tionghoa. Dalam hal ini perempuan dijadikan sebagai target untuk membangun sebuah teror atau ketakutan di masyarakat untuk mengintimidasi masayarakat. Jadi dipilihlah etnis Tionghoa (terutama perempuan) dan komunitas non Muslim, karena merekalah yang paling lemah.
Tim relawan untuk kemanusian Divisi Perempuan sesungguhnya adalah tim relawan untuk kemanusiaan yang lebih besar, yang dipimpin Romo Sandyawan. “Tim sudah melakukan identifikasi korban-korban kerusuhan yang jumlahnya mencapai 1333 orang, hampir sebagian besar adalah orang Tionghoa. Sekarang, kami sungguh-sungguh sangat marah karena perempuan dijadikan target atau obyek untuk mengintimidasi masyarakat lewat kekerasan seksual. Ini adalah state violence.” demikian kata  Sandyawan.























sumber : http://yinnihuarendexueleishi.blogspot.com/2010/02/1998_21.html

Comments

  1. Sadis katanya negara Islam tapi di negara islam perempuan dipijak-pijak. inilah buktinya orang Indonesia tidak punya belas kasihan, jadi wajar kalau gempa dimana-mana. Saya melihat realitas kehidupan, semua orang hanya mementingkan keuntungan diri sendiri, rakyat kecil & lemah ditindas atas nama HUKUM. hak-hak rakyat kecil diambil karena kekuasaan & ketamakan. Saya dari dulu katakan Neraka buat tentara, lihatlah Prabowo & Wiranto malah sibuk jadi Capres 2014, padahal aktor utama tragedi mei 1998 mereka, mereka membiarkan etnis tionghoa dibunuh. seperti binatang itulah yang saya lihat, tidak punya prikemanusiaan. Lihat kasus kejahatan beberapa tahun ini, begitu terharunya ada yang di mutilasi, begitu dikecam semua orang, tapi mereka tidak tau, orangtua mereka yang hidup di tahun 1998 lebih kejam & lebih sadis memperkosa gadis-gadis tionghoa. Memang masuk sorga itu gampang, hanya modal bertobat & berdoa & bertaqwa, percuma kalau mau jadi setan jadi setan saja sekalian. tiada ampun, hukum itu tajam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makany bung msh cinta indonesia ?? masih mau nyoblos presiden ?? msh mau hormat didpn bendera merah putih ??? saya mending jd komunis,,,,, anda cina ? bencilah sama negara munafik ini anda pribumi ? bela lah negara yg sudah hancur ini

      Delete
    2. klo ad pribumi yg komen " mending pergi aja loe bla bla bla " jawaban saya emg saya mau pergi jauh2 dri negara rasis korup ini .... sypa blang saya betah di indo ? diskriminasi dimana2.... ga mikir ap yg pribumi cma jd boneka politik berasas islam ckckck ... biarlah KARMA yg balas pribumi2 ini ... liat karma buruk sudah mulai menimpa indo kan ?? ckckc korupsi dmana2 ? pribumi yg pedofil ?? haaa liat saja nanti anda yg pernah memperkosa manusia terutama etnis tionghoa... biar karma anda yg menjadikan anda terlahir jd binatang biadab yg lbh hina dri fisik anda, pribumi ....

      Delete
    3. yg sebaik baiknya menurut saya,kita harus mendukung negeri ini.membantu supaya terjadi perubahan yg lebih baik.memang sakit mengingat masa lalu.namun bagaimanapun juga kita tinggal di negara ini.

      Delete
    4. perlu saya tekan kan ya, PRABOWO BUKAN PELAKU UTAMA TRAGEDI ITU dia hanya terlibat dalam penculikan aktivis" dan itu pun ia diberikan perintah oleh atasannya . PELAKU UTAMA NYA ADALAH WIRANTO yg saat itu membiarkan kerusuhan itu terjadi. dgn menarik semua tentara dan elit militer ke jawa barat untuk mnghadiri suatu urusan yg TIDAK PENTING SAMA SEKALI .untuk memfitnah PRABOWO dan mengkambinghitamkannya. jgn mau ditipu oleh propaganda. cari dlu latarbelakang nya, baru anda tau siapa yg pantas untuk di hujat dan di cerca !!

      Delete
    5. sy tdk perlu tau apa prabowo atau wiranto yg jelas org militer di sana jg ikutan dan kedua tokoh iblis itu membiarkan hal itu dgn alasan sy diperintah sana sini. mmg na klo anak istri mu mau di bunuh kamu msh tetap diam aja. prabowo itu diam krn dia mmg tdk peduli sama etnis cina (benci jg tp pura2 cari alasan sy gini gitu kan sama wiranto jd sy tdk bs membantu). jd kedua tokoh itu sama2 benci etnis cina. tdk peduli apa mau dibunuhkek atau di perkosa.....

      Delete
    6. jangan hanya berkoar (omong doang) kalau anda emang lebih baik dari mereka , kenapa anda tidak memimpin negara kita ini. anda lahir di indonesia tapi kalian benci sama indonesia , apa kalian ga malu ? . coba lah berfikir dulu sebelum bertindak

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. janganlah saling membenci dan menghujat lagi masa lalu kelam jadikanlah pelajaran, masa depan harus kita perbaiki.saya sendiri salah seorang korban kerusuhan mei 1998 berharap kita bisa saling memaafkan

      Delete
    9. LU BACA BAIK" YAHH <<<
      kita anggap PRABOWO ATAU WIRANTO ITU BERSALAH,

      1) NAH , kalo PRABOWO besalah dan ternyata menjadi PRESIDEN, GILE LO NDRO, MAU TAMBAH HANCUR NEGARA INI ??

      2) SEBALIKNYA, kalo WIRANTO bersalah, setidaknya IA BUKAN PRESIDEN KITA,

      NGERTI LO PADA HA?? GW CUMA BERFIKIR KEDEPAN

      NAH sekarang kita lihat JOKOWI, semua kejelekan dia, MAU DIA PRO AMERIKA kek, mau dia ORANG SINGAPUR kek, Dan katanya AGAMNYA NON, YG PENTING dia kalo terpilih ga akan Merusak HAM SEPERTI 98, SEKIAN DARI GW,
      NB: BERPIKIRLAH BANYAK LANGKAH KEDEPAN, BUKAN HANYA SAAT INI DAN BEBERAPA LANGKAH KEDEPAN. SEKIAN!

      Delete
    10. masalalu jadikan pelajaran,,, cobalah untuk bijak.. :) kita bersaudara. salam damai.. :)

      Delete
    11. Bijak ? Lu yang harus belajar ..memang kita bersaudara. Kalo mau pilih pemimpin yang udah jelas aja. Bukan pemimpin berotak kriminal. Yang ada malah diajak perang sma negara lain.. buka pikiran buka hati liat kenyataan ,bukan dari omongan doang jgn kehasut dan ketipu .kalo ngomong doang siapa aja bisa jadi presiden tapi mampu ga ngejalanin kerjanya?

      Delete
    12. bkan soal kita lebih pintar atau lebih mampu dri mrk ato gk ? tp suara kita ot sangat brpengaruh bwt nasib indosesia 5thn kedepan . iya saya akui indonesia memang kalau dibilang sudah bobrok it benar krn siapa ? karena mrk dan krn kita juga ? knp kita jg ? kalian jgn mengkambinghitamkan para dewan" DPR memang rata" dri mrk it koruptor tp ini negaara kita brsama jadi kita jg brtanggung jwb atas negara ini !

      Delete
    13. aku cuma mau koreksi sedikit, Indonesia itu negara beragama dan bukan negara agama. jadi bukan Negara Islam tapi Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Saya hanya ingin meluruskan tidak bermaksud menjatuhkan pihak manapun :)
      sebagai orang INDONESIA yang mengenal BHINEKA TUNGGAL IKA, mari kita benar-benar memahami arti kebhinekaan tersebut.
      jangan karena perbedaan ras, budaya, suku, agama, kemudian menjadikan kita tidak bisa bersatu.
      sehebat apapun pemimpin negeri kita, tapi jikalau rakyat sendiri tidak mau berubah, yah tidak akan pernah bisa berubah. terlebih kita menggunakan sistem pemerintahan DEMOKRASI PANCASILA (Pemerintahan Rakyat dengan asas Pancasila).
      mari kita tumbuhkan rasa kebersamaan kita untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia ini menjadi sebuah Negara maju yang berdasarkan pada budaya dan karakter bangsa. :) #SALAMDAMAI

      Delete
    14. aku cuma mau koreksi sedikit, Indonesia itu negara beragama dan bukan negara agama. jadi bukan Negara Islam tapi Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Saya hanya ingin meluruskan tidak bermaksud menjatuhkan pihak manapun :)
      sebagai orang INDONESIA yang mengenal BHINEKA TUNGGAL IKA, mari kita benar-benar memahami arti kebhinekaan tersebut.
      jangan karena perbedaan ras, budaya, suku, agama, kemudian menjadikan kita tidak bisa bersatu.
      sehebat apapun pemimpin negeri kita, tapi jikalau rakyat sendiri tidak mau berubah, yah tidak akan pernah bisa berubah. terlebih kita menggunakan sistem pemerintahan DEMOKRASI PANCASILA (Pemerintahan Rakyat dengan asas Pancasila).
      mari kita tumbuhkan rasa kebersamaan kita untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia ini menjadi sebuah Negara maju yang berdasarkan pada budaya dan karakter bangsa. :) #SALAMDAMAI

      Delete
    15. Masa lalu jadikan pelajaran? Maksud loe? Gimana perasaan loe kalo itu temen atau keluarga loe yg di perlakukan seperti itu. Ga usah jauh jauh deh,gmna org yg se suku sm loe. apakah loe ms bs blg masa lalu jadikan pelajaran?! Apa dosa mereka mereka sampai harus diberi pelajaran sperti itu?!!

      Delete
  2. pertama, pelakunya pasti buka orang islam yang islam jadi tuntunannya..
    cina aja lah yang angkat kaki dari indonesia, biar indonesia aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemikiran bodoh kayak begini yg membuat negara nggak pernah maju....

      Delete
    2. inilah karma buat pribumi ... indonesia yg kian hari kian ancur .... fankui munafik biar karma dan tuhan yg balas.... indonesia aman ? ga liat bangsa u yg teroris kaya apa .... mikir lagi pribumi hahah babi ga berpendidikan loe rasis

      Delete
    3. Begini nih orang yg otaknya di rebonding..tolol parah lu.. lu cowo? Kl liat anak istri lu yg digituin baru waras x ya.. rasis go to hell deh.. lu liat org2 tionghoa biarpun uda di rendahkan segitunya di kjadian itu, skrg mereka tetap bisa bersikap baik sama pribumi.. banyak2 doa deh lu.. biar dibukain itu hati sm pikiran.. ckck.. di agama saya ga pernah diajarin rasis.. saya yakin agama anda juga ga mengajarkan itu.. jd jangan bikin2 ajaran sendiri ya.. mau pelakunya islam atau bukan, yg jelas mereka lebuh hina dr binatang.. g perlu bawa2 agama disini

      Delete
    4. pelakunya pasti islam la. diliat aja uda tau dasar org bego. mmg na org indonesia org hindu apa. org indonesia kan islam y islam la pelaku na. kejadian bukan di jidat mu kan tp di indonesia......

      Delete
    5. hey anak anjing, jgn seenak jidat mulut kw ngomong ya..., jgn gara2 indonesia negara islam kw memfonis klu yg melakukan ini org islam,,, lahir dari pantat babi kw ya...

      Delete
    6. saya yakin lo kafir tidak pernah sholat ya jing, mana ada agama islam mengajarkan gini.islam itu teroris

      Delete
    7. Saya seorang Kristiani berdarah batak sangat kecewa melihat perlilaku bejat ini diagama kami tidak ada yang pernah mengajarkan, membedekan agama , rasis , maupun dlll , Terkutuk lah kau orang-orang yang melakukan hal rasis seperti ini , saya sangat kecewa terhadap keegoisan kepada kepemimpinan binantang ini

      Delete
    8. selama orang orang orde baru masih ada di pemerintahan kasus - kasus ham pasti dianggap angin lalu harus ada tokoh yang bisa merubah semuanya

      Delete
    9. orang kalo otaknya bener dimana" lebih suka yg namanya damai .. hidup saling menghargai .. emang apa yg salah sama cina ?? apa yg salah kalo qta non muslim ?? mana ada agama ngajarin umatnya untuk menghakimi ?? penghakiman hanya milik SANG PENCIPTA !! mana bisa u anggap 1 org kafir hanya karna dy nonmuslim .. yg dilihat itu hatinya !! punya kasih terhadap sesama atau engga !! gw gak perpihak sama pribumi atau cina !! gw cuma gak abis pikir dihati mereka yg ngelakuin itu apa udah gak ada prikemanusiaan ? anjing aja bsa lebih baik dri mereka .. gw sndirii miriss liat itu fotoo .. ingett ibu mu juga wanita !! ckckck .. jangan salahin negaranya !! salahin penduduknya !! salahin pemimpinnya !! dimana keadilan !! please kita semua sama" manusia , berpikirlah jangan terlalu munafik !! negara ini bhineka tunggal ika !! smua agama smua ras ada disini jangan saling menjatuhkan .. manusia lebih pintar dari hewan .. jangan sampaii kejadian KERUSUHAN MEI 1998 terulang hanya karna kemunafikan , hanya karna kebodohan rakyat indonesia .. emang lo tega liat saudara sebangsa lo di perlakukan bak binatang ?!? mikiirr lahh !!!

      Delete
    10. Yang ngaku pribumi berarti belum pernah belajar sejarah mana ada orang indonesia asli?manusia purba tuh,china juga ada yang muslim..kafir apa tidak bukan manusia yang memutuskan tetapi Tuhan Yang Maha Esa.emang enak bicara kalau diri sendiri atau golongannya tidak mengalami.itu pikiran orang picik,dan ndak perlu di tanggapi.otak,pikirannya cuman di penuhi oleh kotoran,mulut seperti brutu ayam.wasalam

      Delete
    11. islam anjing

      Delete
    12. Kita ga mungkin bisa menuduh itu islam atau kristen atau yang lain yang melakukan. Hal itu sudah terjadi dan tidak mungkin diubah lagi. Kalau memang sudah kejadian ya sudah. Apa yang harus kita lakukan sekarang ini cuma bisa menerima kenyataan itu sebagai aib bangsa tetapi bagaimana kita merespons untuk menghidupi yang sudah ada. Bagaimana langkah seharusnya yang diambil sesudah kejadian ini. Apakah pemerintah diam saja ataukah malah berusaha mengungkapkan kebenaran fakta yang ada. Siapa di balik semua itu dan biarlah hukum sendiri yang bergerak. Karena kepastian yang saya tahu, kebenaran suatu saat akan terungkap. Bukan tentang siapa yang benar dan siapa yang salah tetapi tentang kebenaran yang akan terungkap.

      Delete
    13. Pikir pake otak kalo ngomong .. kalo cina lu usir dari indo ..indo bakal melarat.bakal kelaparan dimana". Semua industri perusahaan yang kelola tuh rata" chinese ..kalo lu mau ngusir keluarga lu mau makan apa ? Makan sampah?

      Delete
    14. Cina angkat kaki dari indonesia. Ga akan tahan lama ekonomi indonesia pasti hancur. Negara diambil alih negara lain. Orang orang pribumi bisa apa otak aja ga pernah mau dipake

      Delete
    15. asal u pd tw, orang cina uda pernah angkat kaki dr indonesia wktu alm. soekarno jd presiden. 1 mgu wktu yg d berikan pemerintahan indonesia. hasilnya apa? ujung2 nya pemerintah yg mnta damai. kalo bkn krn pengusiran kluarga besar gw ga bakal kepecah2, ada yg uda balik ke cina dan sisa nya d indo. kalian mengatakan cina2, apa kalian ga pkir tindakan itu pelanggaran ham berat ? memperkosa, membunuh, menyiksa. kalo kalian yg d posisi minoritas baru menyari salah nya gtu? semoga orang2 yg menjadi pelaku mendapatkan pembalasan dr Tuhan, bkn manusia lg yg membalas. ingat hukum karma itu ada dan God is never sleep.

      Delete
    16. Hahahaha.....tidak bisa berkomentar....ngiris hati liat foto foto nya....maafkan lah yang berbuat hal seperti ini dan kuat kan lah iman mereka yang mengalami karena yang di atas tidak pernah tidur...saat nya bangkit dari keterpurukan dan bimbing kembali bangsa ini ke arah kemanusiaan yang adil dan beradab...

      Delete
    17. itu memang miris dan sejarah yang kelam utk Indonesia, tapi jangan lah menyalahkan org lain, sudahkah anda berfikir usaha apa yang anda lakukan untuk mencegah kejadian seperti ini terjadi lagi ? sudahkan anda memberikan solusi ? jangan cuman jadi sampah yang hanya berkicau akan keburukan dan hanya diam ketika itu terjadi karena ketakutan kawan....... Baik itu pribumi, tionghoa, dll itu sama-sama manusia tanpa ada yang berbeda, kenapa harus mempermasalahkan ras seseorang ? sudah sempurnakah anda, sehingga berhak menghakimi yang sedikit berbeda ? rubah pola pikir yang dangkal ! jika memang peduli jgn hanya berkata tapi lakukan ! mereka yang jd pelaku memang bukan manusia tp seperti hewan yang tidak punya hati nurani, apa anda ingin menjadi org yang sama seperti mereka ? dengan menghujat tanpa pandang bulu seperti mereka yang melakukan kejahatan tanpa pandang bulu ?

      Delete
    18. Betul betul betul
      Jangan salahkan pemerintah
      Salahkanlah manusia nya sendiri ga bisa berpikir

      Delete
    19. Pasti memang islam! Buktinya sj saat memperkosa teriak allah hu akbar! Itu kan mulut orang islam!! Islam bangsattt seperti kamu! Tau kau bangsat!!!!! Emang ada orang budha mengatakan allah hu akbar saat doa,atau agama laen hah!!! Dasar bangsat! Sama bangsatnya dg si orabowo!! Anjingggggg !

      Delete
    20. Drpd anda anak anjing yg menjelma jd manusia!

      Delete
    21. woi anjeng, otak lu itu dmn? indonesia ga bakal bs maju, kalo penduduk nya kek lu
      cocok nya lu yg angkat kaki anjeng

      Delete
    22. kalo punya otak dan pernah sekolah kalian ga rasis njing
      kasus 98 itu bangsa pribumi udah habis-habisan membantai bangsa cina tanpa belas kasihan
      harus nya bangsa pribumi yg kayak gitu yang hrs d basmi!!!!!!

      Delete
    23. Weh pribumi! Lu pada harus mikir, lu tuh makan dan punya duit dari etnis tionghua (cina). Kalo cina pergi dr indo, lu pada mau dapet duit dari mana? Mau makan apa????? Sampah? Haha!

      Lu pada ngatain cina tuh sampah, ya lu ngapain mau kerja sama orang cina??
      Brarti lu ga lebih parah dari sampah dong? Huaha, ngakak gua gannnnnn!!!!!

      Pribumi tolol. Makanya sblm ngomong, d pikir. D cerna doloooooo! Otak lo pada dikit sih. Makanya orang pribumi ga ada yang maju. Ckck.. ampun dah..

      Delete
    24. Org bodoh tu mikir tionghua keluar dri indonesia..
      Sumpah dah msh ad juga org pemikirannya pendek. Ingat ya karna tionghua indonesia bisa maju.
      Buat itu org pribumi ( islam ) sklh pinter" buat kalahin qt, jgn make secara fisik.. emang ni indonesia hukumnnya pake hukum rimba ap? Yg jelas gk punya otak yg kelakuan kyk gitu. Anjingpun klo d didik bisa pinter dan penurut, lu manusia punya akal sehatkan jdi pakai otaknya sepinter" mungkin jgn kyk babi hanya makan tidur saja.

      Delete
    25. Anjing menggong-gong
      Kafilah beralu

      Tanya diri sendiri, apa yg udah kau perbuat untuk indonesia
      Jangan cman jadi sampah yg bsa koar2

      Salam garuda merah

      Delete
    26. pikirlah, kalo etnis tionghua ga masuk indonesia, indonesia bakal jadi negara primitif sampe sekarang-_-
      makanya gausah saling ngejudge, hal ini ga ada sangkut pautnya sama agama

      Delete
    27. Alaaaahhhh, taik lah yang bilang maafin maafin. Sok kalo kalian dipihak orang cina, emang bakal dengan mudah bisa bilang maafin. MUNAFIK LAH!!!! Giliran kalian pribumi yang disiksa, anjiir sok jamin etnis laen pasti bakal dihajar, karena apa? Karena kalian pikir negara ini punya kalian. Kalian yang islam pribumi ga pernah ngerasain yang kayak gini kan? Jadi JANGAN BANYAK OMONG JING
      So jangan sok maafin maafin lah. Minta maaflah kalian pribumi!!!!

      Delete
    28. goblok, angkat kaki mah gampang, (apalagi negara china skrg sangat maju).. cina angkat kaki ya terutama org spt anda makan taik, bisa apa loe tanpa cina?.. dari omongan loe aja spt org ga berpendidikan.. neh nih org spt ini yg bikin indonesia hancur... (sorry gw bkn ngomongin yg lain)..

      Delete
  3. Ngeliatnya aja uda merinding, semoga gak terjadi lagi kejadian kayak gini

    ReplyDelete
  4. semoga para korban2 tersebut diterima disisi Allah SWT, aamiin,..

    ReplyDelete
  5. mungkinkah akan ada presiden yang akan membela kaum etnis tanpa menganak tirikan kaum lainnya ?
    semoga saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. indonesia ini bhineka tunggal ika cuma buat pajang aj..,
      buktinya tiap kali ad masalah seperti demo ( contoh 1998 mei kan mw turun kan presiden tapi kok warga tionghua yg jadi korban ?? lol ) ap ni masuk akar.,.,.,
      seharusnya indonesia ini patut meminta maaf sebesar - besarnya kepada org tionghua atas kejadian dan perbuatan kalian di 1998 mei.,.,,.
      MASI BERANI MARAH CINA BABI ??? LOL.,.,.,
      THE FUCKER ASSHOLE

      Delete
    2. Sedih lihat bangsa ini yg di shorot etnis tionghoa..
      Smpi skrang msih merasakannya, bahkan di lingkungan sekitar masih berasa membedakan..
      Kenapa koq hanya kami..
      Mungkin pemerkosa sering lihat blue film yach..
      God bless..
      Semoga tdk pernah terjadi lagi..
      Amin Jesus..

      Delete
    3. hey WE ARE ONE INDONESIA ^^

      Delete
  6. saya pribumi beragama islam yg sudah menetap bertahun2 di luar negri..mengingat kejadian mei 1998 sungguh sedih.tapi tolong juga jangan dijadikan propaganda untuk kepentingan segelintir kalangan.gambar2 diatas saya yakin tidak semuanya asli dari kerusuhan mei.turut berduka dan smg diberi tempat terbaik untuk para korban kerusuhan mei yg meninggal dunia.marilah sama2 berkaca..sambil mengingat kembali apa arti bineka tunggal ika.jika etnik keturunan sudah diakui negara sbg WNI,maka mereka sejatinya sdh mjd saudara kita.dan untuk WNI keturunan..perlakukan pribumi dengan bijak..pengalaman pribadi saya,byk WNI keturunan yg memandang sebelah mata ke orang pribumi (ini sebelum kerusuhan meI loh,saya mengalami sendiri di kota saya cilacap).tapi sekarang yg plg penting..tidak saling menyalahkan lagi.keadilan hrs ditegakan jika memang ada buktinya yg konkrit.sya berdoa smga tdk akan pernah terulang lagi kejadian yg sama.dan Negara sya tercinta slalu diberikan kesejahteraan dan slalu dilindungi Tuhan YME.
    I LOVE INDONESIA..no matter what.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ely eka jayanti jika semua tdk asli maka km bela agama iblis mu yg pada saat itu tdk ada agama lain selain islam yg membunuh dan memperkosa. terus jika mmg WNI keturunan memandang sebelah itu pun tdk mungkin krn kalian islam itu byk. kami cina mana bisa beli makanan dan minuman tanpa bicara sama kalian. sadar donk.... mmg nya km mau di liat dgn 4 mata??? ntr km kira km di naksir lagi... ntr kegeeran....

      Delete
    2. Tidak peduli agama apa atau suku apa TIDAK SEMUA Pribadinya seperti itu. .
      Itu hanyalah kelakuan OKNUM!!
      Karna saya dl beragama "a" Dan dari suku "a". .
      Lalu saya menjadi korban perkosaan masal dari org2 suku "a,b,c" 3 org pelaku dgn berbeda suku Dan 1 kepercayaan yg berbeda dgn sy sebut saja mereka beragama "b" Dan mereka sering mengabdikan diri untuk agamanya TP MEREKA BISA MEMPERKOSA!

      tapi bukan suku mereka Dan agama mereka yg sy benci melainkan Pribadi mereka sendiri!

      Malah sy akhirnya malah menikah dgn salah 1 suku yg itu (bkn orgnya!tp suku yg sama dgn slah 1 suku itu) Dan menemukan jln saya untuk tuhan di Agama org2 yg memperkosa sy! Agama "b" Dan sy pun pindah agama. .

      Jd tolong kalian yg komentar,jgn saling menyalahkan agama/suku karna bukan salah TUHAN Klian lahir dengan suku PRIBUMI/TIONGHOA! Tapi salahkan diri kalian sendiri untuk tidak tumbuh menjadi PRIBADI YANG SALING MENGASIHI DAN MENYAYANGI SESAMA TANPA PEDULI AGAMA/RAS!!

      Marilah kita mulai hidup yg lbh harmonis antar umat beragama Dan antar suku,mulai dengan hidup yg Baru tanpa harus menyiramkan air keras ke luka lama yg msh belum sembuh. .
      Sy lebih prihatin dengan kita yg sekarang, kita sudah bs hidup lebih aman, kenapa kita tdk menghargai Dan mendoakan org2 yg sdh menjadi korban agar mereka tdk MENDERITA SIA-SIA. .
      Mereka yg sdh pergi pasti ingin kita lbh rukun agar tidak perlu merasakan apa yg mereka rasakan!

      Tapi sy tetap mendoakan UNTUK PARA PELAKU BIADAB THN 98 AGAR HIDUP MENDERITA DI DUNIA DAN LEBIH MENDERITA LAGI NANTI DI NERAKA!!

      Tenang tuhan tdk tidur tuhan pasti membalas perbuatan mereka pada suku kalian. .

      Delete
    3. lebih baik jangan saling menyalahkan. kita bergotong royong aja, biar sama2 untung, kejadian mei memang harus di usut tuntas sampai akar, setelah itu kita cari duduk permasalahannya knp bisa terjadi seperti itu, nah, kalo sudah tau, ya kita perbaiki, jadilah pribadi yang problem solving, menyalahkan tidak ada guna,

      Delete
    4. jangan mudah terjebak pemikiran yang sempit. pemikiran seperti itulah yang dimaui perencana musibah itu. bukankah semua perbuatan itu ada balasannya? bukankah semua pelakunya dan yang terlibat juga akan meninggal? percayalah bahwa keadilan itu masih ada, setidaknya di akhirat.

      Delete
    5. Bagusnya kita saling mengurangi ketegangan, jangan percaya dengan apa yang tampak saja karena yang tak tampak sebenarnya lebih tulus dan itulah kebenaran sejati!! Cukup bersitegang, ambil teh ayoo kita satukan pendapat. Jangan pake urat ntar dibawa ke aparat

      Delete
    6. Indonesia itu bukan tentang suku A, suku B, agama A, agama B. Indonesia itu tentang Bhineka Tunggal Ika. Bagaimana semua suku bangsa dan agama yang ada di Indonesia bisa hidup rukun bersama-sama.

      Delete
    7. Terimakasih Kak karna sudah menganggap kami etnis Tionghoa sebagai WNI dan saudara...tapi saya cuma mau klarifikasi, tidak semua keturunan Tionghoa seperti yang kakak katanya...saya cuma anggap itu salah 1 sifat manusia...tidak hanya terdapat pada etnis, agama tertentu...
      dengan sesama teman yang 1 etnis atau 1 agama yang bisa kita kalahkan, misalnya dalam sekolah...terkadang sadar atau tidak kita bisa menganggap teman kita itu sebelah mata atau dianggap lemah atau kurang lebih seperti itu...sama juga seperti si kaya dan si miskin padalah mereka 1 etnis atau 1 agama...
      ya saya cuma klarifikasi tidak semua keturunan Tionghoa seperti yang kakak katakan...
      dan Terimakasih banyak kakak sudah menerima kami...

      Delete
    8. Yg mau menikah ama fankui itu tolol

      Delete
  7. merinding baca ini, semoga orang2 yang melakukan ini segera mendapatkan karma yang setimpal kalau perlu lebih berat lagi, karena yang mereka lakukan lebih hina daripada hewan. kita sama2 orang Indonesia harus hidup berdampingan satu sama lain, menjaga kerukunan, dan kedamaian. Indonesia bukan milik satu agama atau satu ras atau satu suku, Indonesia milik kita semua yang menjadi warganya. jangan suka menghakimi atau menjudge satu agama atau satu ras atau satu suku, karena selama kita masih sama2 manusia tidak ada yang lebih sempurna dari manusia tersebut. Kesempurnaan hanya milik Tuhan YME. Sekian dan terimakasih. Damai di dunia, damai di hati. Amin.

    ReplyDelete
  8. saya rasa mungkin ini hanya karena rasa iri orang pribumi terhadap orang tionghoa dari segi ekonomi saja, karena kita tau kan kebanyakan masayarakat indonesia kalangan atas itu mayoritasnya tionghoa. hal juga bisa dilihat di setiap daerah ,kota & provinsi. Alasan kenapa banyak orang pribumi yang tidak sukses itu karena mereka lebih suka bertransaksi dengan orang tionghoa ketimbang orang pribumi itu sendiri. aplagi prinsip ekonomi orang pribumi hanya mengutamakan keuntungan besar semata & tidk menghargai suatu proses . bndingkan orang tionghoa yang mengutamakan banyak pelanggan meskipun untung nya sedikit & mereka juga menghargai proses. jadi jika ingin kita sebagai orang pribumi mendominasi ekonomi kalanga atas di negeri kita sendiri yaitu indoneia tercinta, mulailah koreksi diri sendiri, hargai proses ,sabar & punya tekad yang kuat. kembali ke topik awal saya pernah belajar sejarah tentang pembangkitan ekonomi indonesia pasca merdeka dari penjajah. saat itu orang pribumi yang merupakan pahlawan indonesia (lupa namanya) mencetuskan ide untuk membawa pedagang/pengusaha sukses dari china (tioanghoa) ke indonesia dengan tujuan agar orang2x indonesia bisa belajar tentang penerapan ekonomi mereka & dengan harapan orang tionghoa mau membgi ilmunya dengan orang indonesi. namun yang terjadi justru diluar dugaan para kaum tionghoa ini kebanyakan tidak mau memberi ilmu kepada orang pribumi & yang terjadi malah orang pribumi hanya dijadikan kurir & babu saja demi keuntungan besar orang tionghoa semata. ditambah dengan datang terus menerus orang cina ke indonesia yang membludak. ditambah dengan para pemerintah indonesia saat itu lebih suka memberi modal pada orang tionghoa daripada orang pribumi. & benar saja tanpa peristiwa pembatai keji tionghoa yang kita bahas ini mungkin kami orang pribumi akan punah . tapi semenjak peristiwa ini tetap saja orang tionghoa masih mendominasi ekonomi kalangan atas indonesia & orang pribumi tetap saja masih pada prinsip kolotnya. tapi ada pertanyaan besar tentang kasus tionghoa 1998, yaitu :
    1. kenapa hanya kaum wanita tionghoa yang disorot ?
    2.bagaimana kabar tentang pria kaum tionghoa ?
    3.apakah kaum pria tionghoa saat itu juga jadi korban maksiat para gay & pedhopilia serta bisax oleh orang2x pribumi ? (karena tidak mungkin kaum wanita pribumi yang melakukannya )
    4. apakah justru kaum pria tionghoa dalang dibalik semua kerusuan ini ?
    semuanya belum terpecahkan & satu hal lagi . apakah dengan kejadian seperti itu kalian kaum tionghoa masih tidak mau bekerjasama dengan kami orang pribumi & apakah kalian tetep serakah dengan keegoisan kalian yang tidak mau membagi ilmu pada kami & akaknkah kalia ingin memberikan kesempatan pada kami agar kami bisa menyamai ekonomi kalian bahkan datas kalian ?
    jika tidak mungkin kalian harus bersiap karena mungkin saja hal seperti ini bisa terulang kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mengharapkan apa yang tidak baik terjadi, anda berkata 'jika tidak mungkin kalian harus bersiap karena mungkin saja hal seperti ini bisa terulang kembali.' , jika anda bijak, di jaman modern ini sudah banyak yang berubah. jangan hanya memandang sebelah mata, bagaimana jika sanak saudara anda adalah salah satu dari korban? apakah anda masih bisa berbicara seperti itu? dan jangan pernah menghakimi etnis manapun, bukankah kita mempunyai sembonyan bhineka tunggal ika? untuk apa semboyan itu jika anda masih mempermasalahkan tragedi di masa lampau.

      Delete
    2. Pertanyaan GOBLOK ! Kalau tdk paham politik dan tujuan kasus yg dibuat militer itu nggak usah komen,persis anak anak msh Bego.

      Delete
    3. memang dy bego..terulang kembali???Siap2 aja PBB beraksi..

      Delete
    4. Khontol, terulang kembali??? Loe mau indonesia hancur kampret. Doloe cina diam, tapi sekarang sampe terulang. Liat aja malasyia ngak di kecam khontol. 5 kapal induk masuk indonesia. Mampos semua anak cucu kita. Palingan diiris di leher semua. Kayak kalian bunuh kambing dan sapi, anjing loe lahir dari lobang pantat ya.

      Delete
    5. Yg kalian lihat selalu etnit tionghoa yg di atas. Yg punya mobil mewah rumah mewah dsb. Tetapi kalian ga tau klo di indonesia itu juga bnyk etnis tionghoa yg kurang mampu. Jika itu alasan kalian untuk membenarkan tragedi 98 maka kalian itu lbh rendah dari binatang.

      Delete
    6. Bahhh.... Jadi ceritanya x an org pribuumi maksa kita org tionghoa utk harus ajarin x an gmn harus berdagang di negara x an sendiri? Klo ngk ancam bakal buat kerusuhan lg? Kok lucu x kaw bercakap.. Ngak malu kaw mengatakan ini? Makin menunjukkan klo x an pribumi itu gak da otaknya? Kok malah merendahkan suku sendiri ? Hahaha.... TOLOL!!

      Delete
    7. Kalau sampai terulang kembali, HANCUR negara ini...
      Karna kami orang" yang beragama NON-MUSLIM, akan mengubah sejarah DUNIA yang pernah terjadi di tahun 98'..

      Jaman dulu kalian bisa memperkosa dan membunuh kaum kami seenaknya kalian... Kalau dijaman sekarang, gak ada kata GENTAR di tubuh kami untuk melawan kalian semua!! Yang perlu saya ingatkan kepada para NON-MUSLIM, jika benar seperti yang dikatakan oleh Bajingan itu akan terjadi pengulangan MEI 98', yang perlu kalian ingat hanya 1.. SAYA atau KAMU yang MATI.. Itu saja!!

      Kalau masih mau membela martabat kita sebagai kaum Cina dinegara INDONESIA, angkat SENJATA kalian dan SERANG para BAJINGAN BAJINGAN INDONESIA yang berstatuskan diri sebagai MUSLIM penghancur cina... SETUJU SEMUA????

      JADI TAEEEE NEGARA INI KALAU SAMPAI PERANG SAUDARA..... Hhahahahha

      Delete
    8. lu malu2in orang cina bego.. lu aja anjing yang angkat senjata.. ga dewasa lu.. gua ya cina.. kita uda ga mau inget kerusuhan lagi lu malah ngajakin perang ras lu sendiri.. sono kalo mau perang aja sendiri.. cina2 di indo termasuk gua uda kenyang ama kambing hitam macam elu kampret

      Delete
  9. Bila ini kabar benar, semoga yang melakukan pemerkosaan dan oembunuhan pada keruuhan Mei 1998 tersebut mendapat petunjuk dari Allah SWT dan dihadapan Allah mereka akan mempertanggung jawabkan perbuatannya. Siapapun yang mengerahkan dan merancang hal ini, insha Allah, tidak akan pernah tenang dan bahagia hidupnya lahir dan bathin. Bila kabar ttg perkosaan dll ini hanya rekaan semata atau fitnah utk menjatuhkan agama Islam, maka yg memfitnah jga berurusan dgn Allah SWT. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. fitnah atau tdk kepada islam. tetap sj pelaku pada saat itu org islam. mana ada agama lain melakukan hal itu? betul tdk? coba km jawab....

      Delete
    2. Ko anda yakin 100% itu org Muslim?apa anda sdh menangkap pelakunya?
      Sy bukan seorang Muslim tp sy tdk merasa menyerang agama itu baik. .
      Apa anda pun sdh yakin disitu tdk ada pelakunya yg beragama lain wlaupun sm2 suku pribumi?

      Atas nama nafsu Dan kebiadaban itu bukan diturunkan oleh suku,agama,atau gen orgtua, tapi oleh iblis di diri sendiri!

      Sy pun keturunan tionghoa Dan pribumi dari buyut sy,jd sy tidak memihak. .

      Kita tinggal di Indonesia just bear with it!
      Karna kita lebih cerdas seharusnya kita berkepala dingin bukan malah berkomentar menjatuhkan agama/suku lain, itu namanya kita TIDAK BERBEDA DARI PARA BIADAB ITU! Sm aja kita mengkonfrontasi,menyulut api. .

      Karna mau tinggal dimanapun kita, suku manapun pasti punya oknum2 jg yg seperti itu. .

      ayo kita berfikiran lebih baik daripada suku yg kita anggap jelek utk membuktikan kita lebih baik (suku apapun itu)

      Delete
    3. Replies 1@ KAMU GOBLOK !!! kamu betul2 binatang DOMBA tidak punya OTAK. Yang membantai dan memperkosa ratusan ribu Moslem Bosnia agamanya apa ? mereka adalah kaum penyembah bangkai. Dan yang menbantai jutaan rakyat Cina di Lapangan Tianmen RRC etnis apa dan agamanya apa ? mereka orang cina sendiri penyembah Syetan. Dan yang membunuh muslim Palestina mulai tahun 1967 hingga kini Suku apa dan agamanya apa ? Indonesia tidak butuh binatang seperti kamu, dan kamu adalah sampah negara yg perlu di sapu bersih sekalian oleh Tentara indonesia. Agar tidak menjadi biang FITNAH yg memecah belah bangsa, Papahmu KOMUNIS ya ? Pasti itu bawa sini saya tembaknya kpalanya.

      Delete
    4. saya sebagai orang tiongoa juga merasakan hal yang sama...kejam,biadab dan tdk menunjukka belas kasih sayang....andaikan aja kita dianggap sama sebagai orang pribumi indonesia kini akan menjadi lebih baik daripada sekarang....untunglah sekarang masih ada orang tionghoa di negara indonesia kalo tidak indonesia akan hancur...karena kaum kita yang memberikan kemajuan ekonomi....kaum tionghoa itu:pintar,disiplin,rajin,sopan,ingin menjadi yang lebih baik daripada orang kalian yg hanya makan dan tidur...makanya orang tionghoa di indonesia mengatakan orang pribumi kalian itu anjing dan itu sudah merupakan hal yang wajar untuk kita orang tionghoa...lihatlah sekarang ada kerusuhan pasti kalian yan buat,ada hal hal negatif pasti orang pribumi yang membuat.untunglah sekarang orang tionghoa sudah hampir disamakan tetapi benak benci dari orang tionghoa tidak akan melupakan tragedi itu...indonesia itu negara korupsi,bodoh,malas,dan hukumanya yang manja...jika saya mau saya akan menembaki presiden dan calon calon presiden sekarang yang merupakan orang pribumi...seperti SBY,Prabowo,ARB....mereka itu binatang yang hanya ingin memiliki kepuasan...INDONESIA IS A BITCH USELESS AND DUMB PEOPLE INSIDE

      Delete
    5. CINA IS ALSO BITCH USELESS AND DUMB PEOPLE INSIDE WHO LIVE IN INDONESIA. Orang pribumi juga menganggap cina sama dgn babi & anjing juga. Kalian cina yg tak tahu untung tinggal numpang di Indonesia harusnya bersyukur. Bagi kalian yg tak suka tinggal di Indonesia silahkan angkat kaki balik ke daratan cina. Dasar cina idiot wandi mc cramlin. Balik kamu ke cina kamu cuma jadi gembel hahaha. ..

      Delete
    6. Nyebut boy...

      Delete
    7. Eh YA MAAF SBLMNYA, GW SIH BUKAN CINA, TP GW UNTUNGNYA MASIH PNYA OTAK DAN NALAR TP LU PERNAH MIKIR GA SIH KLO LU YG BLG CINA ANJING DAN KLo MANUSIA2 KYK LU PRIBUMI2 KELAS BAWAH DAN GOBLOK KYK ELU BS BERUNTUNG MSH ADA CINA YG LU BLG BABI INI DISINI!! BISA AJA MAK LU AMA BAPAK LU KERJA DAN MAKAN DARI CINA!! BAYANGIN KLO GA ADA GUDANG GARAM, GA ADA SAMPOERNA, GA ADA INDOFOOD, GA ADA SINARMAS GROUP, GA ADA WINGS GROUP DLL YG NOTABENE PUNYA CINA.. MATILAH SEMUA RIBUAN BAHKAN MGKN JUTAAN DR KAUM ELU!! KERJA APA? MAKAN APA? MAU EMG MAKAN TAIK?

      Delete
    8. Lu pikir indonesia ga bisa maju tanpa cina. Cina itu parasit bisanya numpang di negara orang. Selain itu mereka tamak dengan harta. Wajar aja cina di tendang di beberapa negara maju.

      Delete
    9. Ngomongin etnis cina babi/anjing tp masi krj sama org cina,,,berarti ga lebih dr binatang jg.di dunia ini negara yg mayoritas penduduk muslim ga ada yg maju,,,wong mikir nya cuma sholat sholat dan sholat.jgn salahkan etnis cina kaya,,,itu karena sebagian wktnya kaum muslim pake buat sholat.ga seperti kaum cina yg krj terus menerus....mau bicara biadab,,,lihat sendiri saja anggota di pemerintahan mayoritas org apa?muslim apa bukan?itulah org" yg menghancurkan negara nya sendiri tanpa memikirkan org lain

      Delete
    10. Cina parasit tp kenapa yaa malahan byk kaum elu yg kerja jd pembokat sm cina.. Apakah ada cina yg kerja jd pembokat sm kaum pribumi? Ga ada toh.. Justru krna org org sperti loe makanya indonesia ga bs maju! Emng apa hebat nya indonesia loe? Semua jg tkg korupsi!
      Bukan agama yg harus disalahkan tapi manusia nya yg mengatasnamakan agama ny untuk menghalalkan semua perlakuan bejat nya yg harus dikutuk. Otak sampah,korupsi,sok hebat dan seks aja yg ada dipikiran kalian. Tdk ada beda nya dgn syetan yg kalian sebut di agama kalian.

      Delete
  10. walau ini ini sudah lama yang saya lihat sangatlah sadis.. apalagi yg melakukan adalah orang yang beragama paling banyak di indonesia.. semoga tragedi ini tak terulang lagi..

    ReplyDelete
  11. jika org indonesia org baik maka tidak mungkin terjadi hal demikian. ini bukti bahwa org indonesia itu semua tdk baik. masa dijalan org di bunuh di perkosa malah ikutan. gila gk org indonesia ini. menurut gw kedua tokoh prabowo dan wiranto sama2 pelaku cuma mereka itu bela diri. tp setan sebenarnya dr semua pokok masalah ini adalah rakyat indonesia. org indonesia mayoritas pelaku waktu itu adalah muslim. tiap hari sembayang 5 waktu kok bisa membunuh dan memporkosa sih. inti agama itu cuma 1 jgn berbuat dosa. jika ada org yg mengatakan bunuh org cina krn dia agama lain. masa ikutin omongan dia???? mmg kita agama islam ini bego semua, masa tiap hari 5 waktu sembayang bs disuruh berbuat dosa kyk gk punya otak aja disuruh2 padahal dekat sama Allah SWT. jika agama islam itu benar pada hari itu pun mereka (ulama, tokoh masyarakat, ustad) turun tangan. mereka dimana pada saat itu???? apa mereka juga ikutan kali yah???? apa mereka jg ikut rasakan perkosa wanita y seperti ustad guntur bumi??? dimana tokoh masyarakat pada saat itu??? kenapa mereka berbaur sama rakyat utk membunuh org??? apa mereka itu iblis topeng manusia??? jawabnya cuma 1 krn mereka itu walaupun sembayang 5 waktu tetap saja mereka suka iri, tdk suka org lain (org non muslim) mereka mau hidup sendiri dan tdk mau hidup bersama manusia lain selain muslim. dalam artian islam mau non muslim mati. mereka pembunuh yg sangat kejam kan....

    ReplyDelete
  12. semoga rakyat indonesia muslim merasakan penderitaan yg sama di negara lain. semoga mereka merasakan dibunuh dicekik dan diperkosa sama org2 dr negara lain. mereka itu binatang yg bunuh org dgn senang hati. agama muslim mereka tdk membuat mereka ke jalan yg hidup damai krn mereka ramai membunuh mencekik dan memporkosa org lain. hancur la agama islam yg bejat ini.... agama yg tdk membuat mereka menyesal atas yg mereka perbuat. krn pelaku pada saat itu tdk lain dari pada islam yg jumlah nya mayoritas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau kaum apapun itu kalau kaum minoritas tinggal di wilayah mayoritas pasti tetaplah tertindas. .
      Kya suku Negro di amerika,dll
      Jd ya kalau memang agama yg kalian terus salahkan emg ada agama yg mengajarkan kejelekan?semua kan mengajarkan kebaikan. .
      Tinggal pribadi sendiri aja yang mau ikut ajaran itu atau tdk. .
      Sama seperti anda yg mengaku beragama tp menyumpah serapah agama lain, apa anda sadar anda jd 11:12 dgn mereka?
      Sy pun agama dari kaum minoritas di Indonesia, tp 1 yg bs saya lakukan adalah memaafkan,mendoakan. .

      Seperti di negara Cina anak bayi banyak yg dibunuh karna peraturan negara hanya mengijinkan 1 anak di tiap keluarga, apa itu pun bkn perbuatan keji Dan biadab?mayoritas agama disana apa?
      Nahhh jd sama aja kan??
      Ga peduli suku/agama apa itu oknum yg bertindak. .

      Sy jg marah dgn kejadian thn 98, apalagi sy minoritas tp kalo sy menyalahkan Dan mencaci maki, apa yg membedakan sy dgn mereka??

      Semoga damai menyertai kita semua :)
      Jgn sampai komen2 kita memancing Kemarahan Dan permusuhan lagi ya teman :)

      Delete
    2. yg lakukan pasti dapat karma!!!! SAMPAI MATI PUN AKAN SUSAH!!!

      Delete
  13. Dulu gadis keturunan tionghoa pada diperkosa. sekarang warga pribumi yang diperkosa tenaganya dg bayaran yang murah. (banyak yg bilang kalau keturunan tionghoa pelit)

    jadi buat apa saling mnyalahkan? toh sekrang sudah blas dendam... mlah bnyak tuh cwek etnis yg pke baju seksi memamerkn pha mulusnya.... jd buat apa ribut...

    ngak ad saksi ya hoaxxxxx

    ReplyDelete
  14. Semua yg terjadi diatas adalah korban kepentingan politik, DIMANA PRABOWO SAAT ITU SANGAT AMBISI MEREBUT KEKUASAAN DARI HABIBI DENGAN MEMBUAT RUSUH JKT UNTUK MENGGOYANG KEKUASAAN HABIBI. SEDANGKAN PRABOWO SENDIRI KETURUNAN TIONGHOA DAN SEMUA KELUARGANYA NON MUSLIM.
    Tidak ada satupun ajaran agama yang membenarkan cara2 biadab seperti itu. Islam mengharamkan BERZINA apalagi memperkosa. Hanya orang2 Goblok dan berotak kambing yang menjelekkan islam.
    Jika berfikir secara manusia normal,peristiwa itu masih belum seberapa jika dibandingkan dengan pembantaian ratusan ribu Etnis Bosnia, Siapa pelakunya ? pelakunya adalah KAUM PENYEMBAH BANGKAI DI KAYU SALIB, inikah ajaran bangkainya JUDAS ELIOT ?
    Atau siapakah yang membantai rakyat China di lapangan Tianmen RRC dibawah pemerintahan Komunis ? tak ada satupun yang beragama islam, dan siapa yang membunuh dan memperkosa wanita2 muslim di Palestina sejak tahun 1967 hingga sekarang ????? Bangsat kau aning Kaumnya bangkai syetan yang kau sembah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. prabowo bukan keturunan tionghoa karena ayah jawa dan ibu manado.

      Delete
    2. goblok, waktu itu pemerintahannya soeharto kali

      Delete
    3. Tolong sebagai manusia berakhlak baik jangan saling menyerang agama,,kejadian yang terjadi bukan karena kesalahan agama melainkan kesalahan dari manusianya sendiri yang mungkin tidak memiliki iman kepada agama mereka sendiri,,karena kita harus ingat bahwa setiap agama mengajrkan selalu hal yang baik.
      salam damai dari kaum minoritas untuk mayoritas

      Delete
    4. Malu gw klo jdi lu.. udh SALAH.. SEPIHAK lg.. kta lg ngmngin INDONESIA.. bukan PALESTINA.. out of topic bgt lu

      Delete
  15. KALAU MAU JELI DAN TELITI, FOTO2 DI ATAS TIDAK SEMUANYA TERJADI DI INDONESIA. ADA YANG EDITAN DARI PERISTIWA DILUAR INDOESIA.

    ReplyDelete
  16. Orang2 keturunan Cina memang nyebelin, udah berapa ribu orang pribumi yang kamu perkosa dan bekerja sebagai PRT tidak kamu bayar ? Kamu orang2 cina menjadi sampah negara yang perlu disapu oleh Tentara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut anda cina begitu, mengapa mau kerja sama cina? Jd yg sampah majikannya si cina itu? Sudah tau sampah..ko mau kerja sama sampah?

      Delete
    2. betul sekali....sudah tau sampah kenapa kamu mau kerja sama sampah...berarti kamu lebih sampah??

      Delete
    3. Coba anda pikir,rata2 yg mempunyai perusahaan dan membuka lowker untuk pribumi adalah etnis china.
      Org pribumi tuh malas2 hanya pengen untung besar tapi tidak mau susah !!!

      Delete
    4. Otak di penuhi kotoran,yang penting hak dari pada kewajiban

      Delete
    5. Otak di penuhi kotoran,yang penting hak dari pada kewajiban

      Delete
    6. Bisanya mencari kesalahan org lain.. kesalahan diri sndri di overlook..

      Delete
    7. Bagus donk diperkosa terus gak dibayar...
      Laaaah, barang INDONESIA barang murahan kog... Wkaakakkaa

      1x nembak, 200rb...
      2x nembak, 300rb...
      Kalau gak mau bayar, tinggal traktir makan diluar, terus di gombalin habis itu bawa kehotel.. JADI deh barang murahan... Wakakkakaka

      Kalau uda SAMPAH ya SAMPAH aja MAS BRO....

      Delete
  17. Agama biadab yg membolehkan memperkosa musuh mereka, membantai dan jalan pintas ke sorga lewat bunuh diri.....cccccececece

    ReplyDelete
  18. bukan bermaksud ingin menjadikan pelanggaran HAM ini dipolitisasi menjelang Pilpres 2014, hanya saja peristiwa ini dapat dijadikan acuan agar dlm Pilpres 2014 ini, kita dg arif dan bijaksana tidak memilih calon pemimpin bangsa yg mempunyai latar belakang yg terkait dg pelanggaran HAM.
    Karena seorang pemimpin sejatinya adalah sosok yang mencintai rakyatnya terlebih dahulu. Sehingga dapat mengemban amanat penderitaan rakyat dengan sebaik- baiknya jika terpilih. Menciptakan keselarasan yang terjalin baik dan berkomunikasi pada rakyat, mendengar keluhan- keluhan rakyat. Maka dari situlah lembaran kerja untuk rakyat yang akan dilakukan akan baik atau tidaknya seorang pemimpin.
    Semuanya itu dapat terwujud jika “tangan” pemimpin tersebut bersih dari darah-darah yg kejahatan masa lalu.

    ReplyDelete
  19. Saya adalah aktifis 98, maaf sampai sekarang saya menolak bentuk penawaran apapun Dari pemerintah.lebih baik saya mencangkul di saw ah.saudara ingatlah akan tanah,air,udara yang menunjang hidup kalian.disini dalam hidup kalian apapun suku,ras China,jawa,Sunday,Papua,Islam Hindu Buddha atau apapun saudara.saling jabat tanganlah,saling berpeluk eratlah bahwa kalian saudara bukan untuk menghujat.sadarlah untuk membangun negeri ini.kalau kita saling buat apa kita berbendera Indonesia.saudaraku mari kita damai semua bangun negeri ini.saya selalu berharap rekan-rekan saya yang gugur th98 untuk perubahan negeri ini tidak merasa sia-sia dengan pengorbanannya.salam cinta saudaraku.

    ReplyDelete
  20. "korbannya 1333 dan hampir sebagian orang tionghoa",brarti sisanya bukan tionghoa kan.

    ReplyDelete
  21. wah kurang banyak tuh

    ReplyDelete
  22. Yg perlu dipahami terjadinya peristiwa itu memang di sengaja pihak militer untuk rebutan kekuasaan di saat presiden RI di anggap lemah. Isu SARA dibuat utk memancing lebih luas terjadinya. Dan ketika negara di anggap genting korp Militer beralasan demi Undang2 dan keamanan negara kekuiasaan akan di ambil alih. Persis KUDETA di zaman G.30 S/PKI Militer / Soeharto mengambil alih kekuasaan. Kalau tak paham politik dan kenegaraan jangan asal omong. Sangat terlihat otakmu kayak binatang DOMBA gak punya otak. Orang2 Tionghoa dan non muslim perlu belajar banyak soal bagaimana pandangn GUS DUR ttg Pluralisme. Kamu hrs berterima kasih pada guru Bangsa beragama islam itu Bgmn ? Jangan berfikir seperti Domba tahunya cuma makan,tidur, bangun ngentot. Otak kosong tak ada ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidur bangun ngentot.. ITU KAN KERJAAN PRIBUMI.. YA KAN.. sekarang loe bisa ngmng kyk gini.. soalnya LOE GAK NGERASAIN ANAK PEREMPUAN LOE ATAU ISTRI LOE ATAU ADIK PEREMPUAN LOE DI PERKOSA DI BUNUH DI BAKAR DI NGENTOOOOOOOOTIN DI JALANAN... gak usah ngomong pemerintahan bla bla bla.. BELASUNGKAWA NYA AJA!

      Delete
  23. ini lah kenangan & lembaran hitam bangsa kita, katanya bangsa yg ramah, sopan, menghargai perbedaan, tapi pada kenyataannya ? Mahal sekali harga yg harus di bayar hanya untuk menyatakan demokrasi.

    ReplyDelete
  24. ETNIS TIONGHOA TIDAK ADA YG PERLU TAKUT LG AKAN KEJADIAN INI,KITA TELAH SEMAKIN MAKMUR DIBANDING SEBELUMNYA,JIKA TERCIUM BAU" AKAN TERULANG LG KEJDIAN INI,TGL ROGOH KOCEK BELI TIKET PESAWAT YANG BUSINESS CLASS TRBANG KE NEGARA LAIN,LGIAN UDA CUKUP BANYAK RUPIAH DITANGAN KAMI.YG TIONGHOA TP MISKIN TAKUT APA,NEGARA CINA JIKA MENGETAHUI INI JIKA TERJADI LGI,TIDAK MUNGKIN DIAM SAJA,APALAGI NEGARA CINA SKRG ADI KUASA,TAKUT APA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU !!!!!

      Delete
    2. INDONESIA INI MASI BELUM SADAR BERAPA PENTINGNYA WARGA TIONGHUA TERHADAP INDONESIA NI.,.,,
      APA YG BISA DI BANGGAKAN KLO INDONESIA TANPA TIONGHUA ????
      MERAMPOK,MEMPERKOSA ATAU MEMBUNUH ?

      Delete
    3. INDONESIA tanpa tionghoa itu TONG SAMPAH.. ga bakal maju..

      Delete
    4. Betuuuuuul! Saya setuju banget!

      Delete
    5. sebenarnya kerusuhan ini masalah di nyali juga.. buktinya dulu di kota saya aman2 aja.. kota lain bykan pada hancur.. etnis tionghoa di kota saya pada bersatu semuanya, begitu rusuh semuanya lgsg bawa samurai, golok keluar... LOL.. perusuhnya malah dikejar etnis tionghoa.. lol kabur keluar dari kota.. setelah itu baru terdengar kabar kalau perusuh2 ini kiriman dari jakarta yg dimana sengaja hasut org2 daerah untuk bikin rusuh sana sini...

      Delete
  25. Kalian semua lucu sekali, haahhaa...

    ReplyDelete
  26. haaahhh....itu semua hanyalah bagian dari sejarah yang telah ada. setiap negara sebut saja dimanapun letaknya negara tersebut. kisah2 seperti ini pasti pernah terjadi....inilah HIDUP. yang merasa masih HIDUP syukuri HIDUP kalian. bawa rasa ke HIDUP an itu memancar ke seluruh alam semesta. agar dunia bisa menjadi lebih HIDUP kembali..SEMANGATMU KAMI TUNGGU.

    ReplyDelete
  27. kalian semua sok benar semua , bukan saya membela satu pihak , tapi kalian semua di sekolahkan oleh orang tua kalian untuk apa ? hanya untuk menulis dan membaca ? no . .
    kalian berfikirlah dengan jernih jangan memasukan unsur dendam di semua komen dan kebencian yg saya liat dari atas sampai bawah kolom , mohon jangan memasukan unsur sara , jika anda ingin membalas komentar saya , please bermoral ngomen nya dan dewasa dalam berbahasa , ingat kalian sudah tua bukan anak kecil lagi

    ReplyDelete
  28. Banyak komentator yg menghasut. Menjadi propokator untuk menyebar kebencian...
    Menjelekkan pribadi sampai suku maupun agama
    Seolah2 melihat kejadian itu...
    Dr komentarnya saja sudah bisa dinilai pribadinya... hatinya sudah tidak bersih.
    Pemikiran2 seperti ini yang akan memicu perpecahan.
    Bukankah yg lebih utama itu bagaimana perbaikan bangsa. Agar masa2 kelam itu tak terulang lagi.
    Ini menjadi pembelajaran bagi generasi penerus bangsa

    ReplyDelete
  29. Yah...emang lucu sekali... ha ha ha . . numpang tidur,numpang makan,numpang usaha Dll... tp gak pernah ada rasa terimakasihnya lucu... setelah bermasalah sang tuan rumah tanpa a/i/u/ di tuduh sedemikian rupa... he he.. Lucu. ya... apalagi bawa bawa agama... lucu... mau diajak ngomongpun masalah agamapun tentunya gak mungkin mau karena yang mereka sembah kan hantu...he he he Lucu... klo gak nyambung ngapain di terusin??? lucu... Provokator tingkat RT lue.....

    ReplyDelete
  30. yasudahlah semua sudah terjadi dan komentar2 pedas dr anda semua juga tdk akan membantu menemukan siapa dalang dr semua ini. yg pasti Tuhan maha adil, biar Tuhan yg membalas mrk semua.

    ReplyDelete
  31. Itu semua adalah kejadian nyata....saya benar2 tau kejadian tsbt,sangatlah biadab...,pelaku biadab tsbt taakan hidup tenang...,kenapa ya tega sekali?....anak2 tri sakti juga jd korban....,sekrng qt ga usah slng menyalahkan..,tanam └∂ђ kasih...terhadap sesama,dan bila pnya anak mulai └∂ђ mendidik ttng kasih,agar tdk lahir orang2 biadab sprt itu lg.

    ReplyDelete
  32. apanya yang adi kuasa anjing lho, cina banci aja dibela... kenapa gk pulng kalau adi kuasa, knpa masih hidup dinegara orang,,, itu masih tergantung lho, sana pergi klau emang bisa dan mampu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alah org2 pribumi pada demen kan tuh nyetubuin cewe2 tionghoa. enak kan? suka kan? ngaku ajalah kalo kami lebih hebat dlm segala hal.

      Delete
    2. Sorry. Klo kesel jangan sebut anjing. Anjing itu binatang setia. Sahabat manusia. Jd kasian klo anjing jd persepsi negatif. Lo semua yg bawa2 anjing dalam hal ini, ud menunjukan bahwa lo emang orang goblok . Dan jaman sekarang , orang semakin goblok semakin banyak bicara

      Delete
    3. Kalau kami semua pergi dari INDONESIA, mau makan apa kalian?? makan SAMPAH? laah kalian kan uda SAMPAH, ngapain makan SAMPAH juga... Wakakkaakka

      Yang harus ditakutkan oleh kalian para SAMPAH Indonesia yang beragamakan ISLAM, kalau seluruh cina indonesia pindah negara ke negara RRC, mau jadi apalagi NEGARA ini???
      Mau jadi negara Republik Kongo Afrika?? Hhahhaha... Negara ini uda Miskin, mau di Miskinin lagi??
      Makanlah tuh uang negara yang di korup oleh sesama kalian... Yaitu MUSLIM GAK BEROTAK..

      Delete
    4. Eh islam konyol... lu aja sembahyangi dinding.. ngk ush bacot n ribet.. kalian masi hidup di bawah gaji org cina.. ga pernah sejarahnya org cina kerja ama org pribumi. Cam kan ... babi ituu sedapppnyaaa kalo di makannn

      Delete
  33. warga tionghoa diharapkan berkumpul dan pulng ke negara asalnya, anda sudah dikasih tempat tinggal, tp anda masih berani menjelek2kan Indonesia, apalagi agama... apa anda tidak merasa malu, kalau anda lbh merasa bangga terhadap negara asal anda, knpa anda tidak pulng saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo orang tionghoa pergi semua. Ekonomi bangsa ini langsung ambruk begoooooo. Maknya ngomong dipikir pake otak. Jangan kontol aja di gedein tp otak lo kecil. Gk ada fungsi

      Delete
    2. Lu gak sadar ya pusat perekonomian di indonesia dipimpin tionghoa smua ? Tionghoa prgi ini negara ambruk bego.. spa blg kta ga mau prgi.. bleh2 aja klo lo pda mw ngusir.. trus kta liat ini negara jdi kyk apa .. gw yakin gw bkal ktwa smpe sesak napas

      Delete
    3. Gw keturunan tionghoa...tp gw juga orang Indonesia...gw lahir di Indonesia...KTP gw juga Indonesia..apa salah gw anggep negara Indonesia negara gw?
      mau sehancur apa pun, Indonesia tetep negara gw...dari gw mulai sekolah, udah diajarin tentang Indonesia..
      keluarga besar gw ga cuma terdiri dari keturunan Tionghoa dan 1 agama aja...tapi udah lebih dari 1 etnis, 1 agama tertentu aja...meski beda tapi kami tetap 1 keluarga, ga mau terpecah karena perbedaan, saling menghargain perbedaan...
      Teman gw ga cuma dari 1 etnis dan 1 agama tertentu...tapi kami masih bisa saling berhubungan baik, berfikir terbuka...
      Waktu kejadian 98, gw masih TK dan gw ngeliat rumah" disekeliling rumah gw dibakar...akhirnya gw sekeluarga ditolong ama orang" TNI seingat gw...dan didepan rumah gw udah banyak orang yang bawa obor...tapi untungnya gw sekeluarga selamat, rumah gw ga jadi di bakar...sayangnya rumah nenek gw dibakar dan adik lelaki nenek gw buta gara" kejadian 98..
      Gw cuma mau keadilan buat semua korban...bila orang" yang terlibat pilpres 2014 itu tidak terlibat ato terlibat ya, gw mau bukti...
      Kalau kebenaran terungkap, kita gak usah lagi saling berburuk sangka, dan tutup buku, cukup kita kenang supaya ga terulang lagi...kalau kebenaran ga terungkap, kita akan terus saling serang antar etnis, antar agama...malah akhirnya pecah Indonesia...
      Cobalah kita sama" terbuka pikirannya, kita tinggal di Indonesia, jadi buatlah keutuhan Indonesia tetap bertahan...mulai dari lingkungan tempat tinggal kita, dari keluarga besar kita...coba mulai dari diri kita sendiri sebelum kita mendikte orang lain...
      manusia itu ga bisa hidup sendiri...semua punya kelebihan dan kekurangan masing" dan itu saling melengkapi....
      Kafir gaknya agama tertentu, itu urusan manusia langsung dengan Tuhan...
      Gw ga bermaksud menggurui, tapi gw sebagai warga Indonesia yang kebetulat etnis Tionghoa mau nyatain kalau meski gw etnis Tionghoa tapi negara gw tetep Indonesia bukan RRC...
      Salam damai

      Delete
    4. Astaga naga... itu lha kesalahan ku yg bener2 ku sesali.. kenapa aku harus lahir di indo ini.. kalo aku lahir si singapore mgkn nasib gw ga kyk begini.. ktmu pribumi ?? Bagus ketemu ane...

      Delete
  34. sudah tau gitu lho, kamu mendingan pulng saja sana, we love indonesia tionghoa comunity RI...

    ReplyDelete
  35. kalau anda merasa hebat, dan sok angkuh dinegara orang. ya begitulah. hormatilah orang pribumi, anda hormat kami pun segan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana caranya mau hormat kalau org pribumi juga kagak mau hormat.
      sori ye gan gue org pribumi tapi ngga benci cina kok. Di sekolah gue pada gabung cina dan pribumi.... mana org cina baik lagi.
      susah banget sih kalian semua apa bedanya cina ama pribumi? Beda mata aja?
      Temen gue cina ada yg ngga sipit kok
      sama" manusia gan, mau beda agama kek mau beda suku kek
      sama2 punya mata idung mulut telinga kan, sama2 makan nasi kan?
      Jujur gue malu sebagai pribumi... cina kan ngga prnah mulai perkelahian dgn kita? Mikir dikit napa? Jgn smpai org cina blgin kita bodoh hanya krn kita gampang tersulut emosi
      Liat aja tuh california negara yg plg beraneka ragam suku etnis dan agamanya. Mereka cool2 aja kok
      indo ngga bakalan maju kalau penduduknya berpikiran spit semua!
      Wasalam

      Delete
  36. berdoa saja biar Tuhan yg membalas semua. Tuhan maha adil. Tdk perlu kita ributkan trs, nanti yg ada malah terulang lg kejadian seperti ini.

    ReplyDelete
  37. Peace Brother... kita jgn saling mencaci maki thdp sesama ciptaan NYA....Mari hilangkan segala angkara murka...kita harus bersatu padu membangun negri kita..

    ReplyDelete
  38. bhineka tunggal ika ???? for.,.,.,
    indonesia ni masi selalu membedakan agama,kaum ap.,,lol
    1998 mei rencananya kan menurun kan presiden tetapi kok jadi warga tionghua yg jadi korban.,.,
    INDONESIALAH HARUS MEMINTA MAAF SEBESAR -BESARNYA KEPADA WARGA TIONGHUA.,.,,
    MASI BRANI BLG CINA BABI ? LOL PERBUATAN YG KALIAN LAKUKAN DI 1998 MEI TU AP ? LBH RENDAH DARI BINATANG FUCKER ASSHOLE
    ( PELAKU - PELAKU YG MEMBUNUH,MEMPRKOSA,MEMBAKAR,MERAMPOK ORG TIONGHUA TU LBH RENDAH DARI BINATANG )
    DI INDONESIA KLO TERJADI APA - APA SELALU KORBAN TIONGHUA.,.
    APA INDONESIA NI GK PERNAH MIKIR BERAPA PENTINGNYA TIONGHUA DI INDONESIA ??????
    MMG OTAK KURANG JALAN.,.,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fuck kepada pribumi , kalian lebaran kita org cina kasi THR mnt2 ke rumah , nnti kalian natalan yg datang minta juga pribumi ( kebykan muslim ( preman2nya) ), nnti kami cina yg imlek ( yg mnt juga org kalian pribumi ) sadar g sih kalian islam selalu minta2 ama kami warga tionghoa..? Ga malu kalian masi hidup dr duit cina ? Masi berani ngebacot... mikir dlu kalian islam.... kami cina imlek ga pernah nyusahin kalian.. yg nyushain tuh org pribumi terutama islam.. semua hari raya kalian ttp minta.. masi brani ngaku islam yg hari rayanya cmn lebaran idul fitri gt...?

      Delete
  39. bhineka tunggal ika ???? for.,.,.,
    indonesia ni masi selalu membedakan agama,kaum ap.,,lol
    1998 mei rencananya kan menurun kan presiden tetapi kok jadi warga tionghua yg jadi korban.,.,
    EMANKNYA AP HUBUNGAN TIONGHUA DENGAN MENURUNKAN PRESIDEN.,.,.MEMANG GK BEROTAK.,.,
    MINTA MAAFLAH SEBESAR -BESARNYA SAMA WARGA TIONGHUA ATAS PERBUATAN YG TERJADI DI JAKARTA 1998 MEI.,.,,,
    MASI BRANI BLG TIONGHUA BABI ??? LOL
    JADI PERBUATAN YG DI LAKUKAN DI 1998 MEI ITU AP ???
    MORE THAN ANIMAL ASSHOLE.,.,

    ReplyDelete
  40. siapapun orangnya, dari mana asalnya dan dari agama apapun pasti semua sepakat menganggap kejadian tersebut biadab ..... jika semua di kembalikan ke kita, jika kejadian itu terjadi pada kita ato keluarga kita,, cara jawane "NGAWAKI" pasti tidak akan pernah terjadi kejadian seperti itu....
    jika pelakunya tidak bertaubat maka arwah para korban yang akan menghalangi mereka mencium bau sorga...

    ReplyDelete
  41. jangan jadi ajang rasis. pribumi jangan mencela tionghoa karena tionghoa sendiri sudah menjadi bagian dari budaya indonesia. sunan ada yang keturunan tionghoa, raden patah, pendiri kerajaan demak kerajaan islam pertama di pulau jawa juga keturunan tionghoa. orang tionghoa sendiri jangan mencela pribumi, karena kalian bagaimanapun juga sudah menjadi bagian dari bangsa ini, dan leluhur kalian sendiri sudah ikur telibat menjadi bagian sejarah bangsa ini seperti perang lasem melawan voc

    ReplyDelete
  42. Hati-hati banyak komen provokator

    ReplyDelete
  43. selamat malam.
    nama saya mohammad jootje sugandhy.

    almarhum kakek saya seorang w n i tiomghoa (mantan purnawirawan polri serta mantan pejuang kemerdekaan
    negara republik indonesiaangkatan '45) neragama buddha.

    almarhum papa saya seorang warga negara indonesia keturunan tionghoa otomatis (mantan perwira T N I-A U
    serta mantan pasukan komando pembebasan irian barat alias papua dari penjajahan belanda tahun 1962,
    mantan pasukan penumpasa gerakan 30 september 1965 partai komunis indonesia atau P K I,
    mantan pasukan pebunpasan gerakan separatis PARAKU alias PERLAWANAN RAKYAT KALIMANTAN UTARA
    tahun 1967 yg ingin merdeka dari NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA serta
    mantan PASUKAN KONFRONTASI TENTARA DIRAJA MALAYSIA tahun 1967 dalam rangka pertahankan
    kedaulatan wilayah kalimantan utara.

    almarhumah mama saya seorang warga negara indonesia campuran SUNDA dan TIONGHOA.

    saya anak kedua dari lima bersaudara.
    tragedi keerusuhan mei 1998 di jakarta/indonesia adalah titik nadir (terendah) yg sangat kelam serta kelabu
    dlm perjalanan bangsa serta negara kesatuan repunlik indonesia yg kita cintai dimana terjadi huru-hara yg
    hancurkan sendi-sendi roda perekonomian serta terjadi tindakan biadab pemerkosaan dan pembunuhan
    dibakar hidup-hidup oleh "gerombolan pria tegap serta cepak" yg secara sistematis sdh direncanakan
    matang serta profesional yg bertujuan melemahkan serta menghancurkan mental semua
    warga negara indonesia keturunan tionghoa yg dijadikan "kambing hitam" oleh beberapa mantan
    pejabat tinggi yg waktu kejadian tragedi tersebut justru malahan "melakukan PEMBIARAN POLITIK
    TUTUP MATA, TUTUP TELINGA serta TUTUP HATI NURANI" YG BIADAB.

    bapak PRABOWO SUBIANTO justru menurut almarhum gus dur dan almarhum munir adalah seorang
    patriot negara kesatuan republik indonesia yg IKHLAS, JUJUR, PATRIOTIK, ANTI-DISKRIMINASI
    dam PEJUANG sejati yg difitnah sekelompok lawan-lawan poltiknya.

    ReplyDelete
  44. Damailah ... Semuanya bersaudara, kita tinggal dan menghirup udara di tanah yang sama Indonesia. Jangan mencari keuntungan dari saudaramu sendiri. Maafkan yang telah terjadi dan marilah kita bersatu membangun Indonesia yang baru. Menurut saya semua pejabat negara yang menjabat waktu itu adalah yang bertanggungjawab atas peristiwa ini, karena seolah-olah membiarkannya terjadi. Besar kecilnya tanggung jawab disesuaikan dengan jabatannya masing-masing waktu itu. Sangat prihatin dgn tragedi kemanusiaan ini, kejadiannya begitu dekat di sekitar kita. Semoga tidak akan pernah terulang lagi. salam.

    ReplyDelete
  45. Hahaha gak ada yg lebih pintar dari gue ternyata, yg bodoh mah banyak :v
    Hei bung apa anda yakin semua keturunan tionghoa beragama hindu.?
    Saya keturunan tionghoa dan saya di lahirkan dari rahim seorang muslim.
    Ibu dan kaka saya juga salah satu korban tragedi mei 98. Apakah anda menjadi saksi hidup pada saat tragedi itu.? Kalo anda merasa cukup mempunyai kesaksian silahkan ajukan ke komnas HAM. Ya kalo anda cuma sekedar provokator berarti anda gak jauh beda sama pelaku tragedi mei 98. Jangan terlalu bnyak omong, lebih bnyak bertindak lebih baik. :v ingat saya keturunan tionghoa beragama muslim. Ini bukan perang agama, tapi ini tragedi yg berawal dari kurang tegas'a pemerintahan pada masa itu. Dimana mana jalan itu maju bukan'a mundur. Jadi berhentilah melihat catatan hitam indonesia. Coba buat negara ini jauh lebih baik dari pada masa itu.

    ReplyDelete
  46. Resiko indonesia sbg negara kepulauan yg mudah tergesek oleh konflik,mudah terpecah belah,mudah terprovokasi.Jika kita ttp mengedapankan sentimen anti ras&agama tertentu tntu cita2 luhur bangsa Indonesia sbg negara kesatuan yg BERSATU niscaya tdk akn pnh terwujud.

    ReplyDelete
  47. Saya suku campuran manado en bali,saya kristen.klo mnurut saya c gak ada gunanya saling menghujat ato menyudutkan sesama kita.harusnya dgn kejadian yg lalu kita smua bisa belajar dr kesalahan itu.dgn saling menghujat inilah kita sama saja mengulang kesalahan yg lalu.klo soal capres c saya lebih pilih jokowi karna perkataan prabowo ttg kami org2 timur cm cocok dijadikan tukang pukul karna tempramen kami,prabowo tu sperti kacang lupa kulit karna dia juga adalah keturunan manado(ibu).indonesia maju itu berawal dr kita.perbedaan itu indah dan kita harus bs belajar menyikapi itu

    ReplyDelete
  48. makanya aceh tsunami, islam pada mati... karma mah ga kemana... sampai kapan islam tetap agama sampah didunia

    ReplyDelete
  49. buat PRIBUMI ato ISLAM apalagi yang memperkosa.. masuk neraka loe! masih ngebela diri loe bener... coba anak perempuan sama istri loe gw perkosa sini depan mata loe.. memeknya gw tusuk2 sapu... tetangga loe gw bakar.. kepala loe gw potong... MAU COBA RASAIN????? kita CINA dah bagus kaga dendam... cumen jadiin KEJADIAN ini sebagai PELAJARAN aja.. UNTUK TIDAK PERNAH PERCAYA PRIBUMI LAGI ! pribumi mau usir kita dari indonesia?? BAGUS! kalo bisa secepetnya gw angkat kaki dr negeri HINA ini!

    ReplyDelete
  50. Jangan berfikir negara ni negara islam . Karena negara ini tanpa ada nya orang cina yang membntu membngun dan memberi pkrjaan dan membri makan apa ada lg ? Liat dmn2 ada orng cina minta thr k orng islam ? ADa orng cina minta smbngn k orng islam ? Orng cina dsi membntu . Kalau memang mau di hancurkan negara ini sdah dri skian lama di hancurkan karena orng cina rata2 negara cina yang maju skrng .

    ReplyDelete
  51. Untuk apa indonesia disebut bhineka tunggal ika kalo ternyata rakyatnya kelakuannya diluar kewarasan manusia? Heran dah.. gw heran kenapa para pribumi benci sama cina.. walaupun juga ada rasa benci tapi kenapa harus dilakukan dengan kekerasan? Mereka bukannya bodoh,goblok ,tolol ataupun yang lainnya.. mereka belum menggunakan pemikirannya dengan sempurna..mereka cuman belum bisa berpikir lebih dewasa..gw aja yg baru 3 smp aja udh mulai bisa berpikiran dewasa, kenapa mereka enggak? Ya itulah yg tdi gw bilang..

    Gw punya saudara yang kerja di yayasan relawan tzu chi.Kalian semua belum tau kan yayasan tzu chi? Yayasan itu sering bgt ngebantu para pribumi yang menderita kesusahan.. mereka kerja bukan karena duit tpi karena hati nurani mereka,apalagi semua anggota tzu chi itu mayoritas orang keturunan cina semua loh.. sedangkan kalian kaum islam? Apa kalian mau melakukan hal yang sama kayak yayasan tzu chi? Bersyukurlah kalian kalo lagi kesusahan masih bisa ditolong sama mereka..gw tau kok banyak kaum islam yang juga punya hati nurani sama kayak mereka, tapi gk sedikit juga yg gk punya perasaan, ya merekalah yang terlibat di kekerasan mei 98 itu..

    Gw berharap bgt kedepannya indonesia gk sehancur dulu.. gw walaupun keturunan cina tpi gw juga cinta indonesia! Gw gk mau nama indonesia tercemar!gw berharap semua orang di indonesia bener2 ngerti untuk apa bhineka tungga ika muncul..

    ReplyDelete
  52. Gw keturunan chinese dan lahir di jawa, so, kalian mau sebut apa? Baca buku sejarah, nenek moyang bangsa indonesia dari Yunan. So, semua masih keturunan jg.
    Buat Pribumi : junjung tinggi semangat bhineka tunggal ika, jangan terprovokasi omg an chinese atau yg ngaku chinese mengenai agama atau ras kalian. Kita berladang di sawah yg sama, Indonesia.
    Buat Chinesia (chinese indonesia) : jgn memprovokasi perpecahan. Kita sdh di sini sejak lahir, mewakili apa pun jg atas nama Indonesia, org pribumi tidak semua biadab. Ada pula yg ngelindungin kita, jgn samakan semua oknum pribumi seperti itu.
    Life must go on. Yg lalu jd kenangan pahit saja. Kalau gak terima, serahkan saja dengan yg kuasa. Damai itu sangat indah dan nikmat. Jgn memicu amarah masing2 suku dan agama. Emg sih, kalau perang itu enak, tp cuma di game saja, perang sesungguhnya itu sangat menakutkan. Jgn pada sok, tny aja sama pejuang2, apa mereka pernah berharap kalau Indonesia ada perang lagi? Apa gunanya kita upacara bendera 17 Agustus?
    Berpikir bijak saja. Jgn saling emosi. Yang pentinf kompak saja, biar perusuh2 diusir bareng2. Walisongo juga mayoritas china, tapi mereka bisa berbaur dengan pribumi serta menyebarkan agama islam di jawa, serta menjadi penasehat di kerajaan Demak. Orang china juga butuh pribumi untuk hidup, orang pribumi juga buruh china untuk hidup.
    Kalau ada kerusuhan gampang... Kompak saja dengan lingkungan, usir perusuh jgn sampai masuk komplek lingkungan anda. Saya yakin, asal kita sama2 berjuang, gak bakal kerusuhan itu terulang. Saran saya, waktu pilpres jgn bepergian dulu sampai pengumuman hasil pemenang presiden. Ambil cuti demi keamanan. Terima kasih sebelumnya. Salam Persatuan.

    ReplyDelete
  53. Pilihalah yg membuat anda damai,jokowi gk membeda bedakan ras sama skali,ia memilih orgnya berdasarkan kinerjanya,jngn memilih presiden yg ganas dan ambisius

    ReplyDelete
  54. Org Chinese cuma numpang di Indo? Mereka statusnya WNI, lho. Dilahirkan di Indonesia, belajar di Indonesia, bekerja untuk Indonesia, Mereka bagian dari Indonesia dan cinta Indonesia. Terus sebagai rakyat pribumi cinta kan sama Indonesia? Bukannya mengembangkan Indonesia kok malah cari musuh? Pantesan negara susah majunya, toh byk rakyat yg malah sibuk nge-rasis. Apakah agama mengajarkan untuk membenci? Untungnya apa coba? Puas kali ya nginjak-nginjak org lain, biar kesannya paling hebat gitu...

    Pd Mei'98, mental rakyat saat itu lagi rendah-rendahnya. Bukan salah agama/sukunya tapi salah orang2nya! Bahkan sampai ada yang memperkosa dgn mengatas-namakan Tuhan-nya, lho (Kalo ada yg membenarkan sih emang kebangetan)! Itu bukti bahwa manusia mudah rentan terhadap pengaruh atau godaan setan. Kita sebagai manusia sama derajatnya, diciptakan dengan memiliki hati nurani. Pikirkan dengan bijak, jangan cuma saling menyalahkan dan menghina, ga ada gunanya. Mending cinta damai dan terapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika supaya kejadian buruk tersebut tidak terulang lagi saat ini dan di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  55. Kalau saya punya uang, saya akan belikan semua warga etnis tionghoa senjata api terutama yang perempuan. Saya muak dengan gambar seperti ini. BEJAT!!!

    ReplyDelete
  56. Kita tidak perlu membahas Tahun 80an dimana mana Kita tau kalau ada demo org kaum cina juga yang kenak
    Padahal Kita tenang" Saja dan mengapa Kita yang di permasalahkan

    ReplyDelete
  57. Knp etnis cina di tindas kaya gitu? Semoga presiden yg akan datang dapat menegaskan dan juga tidak membeda2kan ras ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masih di ragukan
      Karna ketua partai satu
      Adalah ketua dari kejadian
      1988

      Delete
  58. Jangan menjadi org bodoh... Jangan mudah di provokasi.. Jadilah org pintar.. Pikirkanlah untuk memajukan negara ini..

    ReplyDelete
  59. detikTravel mobile - Kisah Laksamana Muslim Cheng Ho di Kelenteng Sam Poo Kong
    http://m.detik.com/travel/read/2014/01/23/094146/2475612/1519/kisah-laksamana-muslim-cheng-ho-di-kelenteng-sam-poo-kong?v9911031381

    ReplyDelete
  60. Ya pasti Islam lah pelakunya.. Liat aja foto salah satu korban badannya ditulis "cina babi". Kalo bukan islam sapa lagi yg sentimen sama "babi".. sudah melakukan tapi sembunyi tangan. Kalo sampe terjadi lagi moga2 satu Indonesia langsung dibom nuklir saja sama China.. sekarang China adalah negara terkaya dan terkuat didunia melewati Amerika jadi Indonesia emang berani macam2 kayak dulu..

    ReplyDelete
  61. Pokoknya muslim bangsat :v ..

    ReplyDelete
  62. Mari kita MOVE ON saudara-saudara! yang berlalu biarlah terjadi di belakang. Marilah melangkah ke depan. Jangan jadikan masa lalu penghambat. Luka 98 memang menyakitkan, jadikan itu pelajaran dalam kehidupan. Melawan dengan kekerasan membuat kita tidak berbeda dengan mereka yang jahat kepada kita.Membalas dendam hanya membuatnya tak berujung. Jika Anda percaya hukum karma, mungkin yang terjadi pada tahun 98 memang karma yang harus kita terima. Biarlah orang-orang bertindak jahat pada kita, tetaplah respon dengan baik dan positif. Kebaikan akan menciutkan nyali iblis. Percayalah!
    Jika Anda percaya surga dan neraka, biarlah Yang Berhak Menentukan & Menghukum yang melakukannya.
    Agama atau dari mana Anda berasal atau apa keturunan Anda tidak menjadikan Anda orang baik atau buruk. Yang terpenting kita tetap melakukan hal-hal baik untuk orang lain. Be good people, do good, and always do good!

    Salam Damai! :)

    ReplyDelete
  63. Pikirkanlah Omongan Kalian Sebelum Kalian Mengetik/Berbicara... Kalau Kalian Memang Sudah Tdak Betah ada di INDONESIA silakan angkat kaki... toh itu juga hak kalian untuk pergi... adakah larangan untuk tidak boleh meninggalkan INDONESIA???

    Ingat KENAPA SPION LEBIH KECIL DIBANDINGKAN KACA DEPAN??? KARENA KITA TIDAK DIHARAPKAN UNTUK TERUS MENERUS MENGINGAT YANG TELAH TERJADI DI BELAKANG... KITA FOKUSKAN UNTUK TERUS YANG AKAN KITA HADAPI DAN LALUI... MISAL ADA KECELAKAAN DIBELAKANG KITA TOLONG SEJENAK LALU KITA MAJU LAGI KEDEPAN UNTUK MASALAH YANG LAIN...

    saya tidak membela pribumi atau tionghoa/cina saya hanya melihat semua itu dari sisi penonton untuk bacaan dan komment diatas... TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  64. Tuhan yg akan membalas semua kejahatan yg mereka perbuat. Amin !!
    Coba kita perhatikan, terjadinya tsunami, gempa bumi, tanah longsor dan gunung
    meletus, terjadi pada Kaum, bangsa dan agama apa ????

    ReplyDelete
  65. Mbok ya gk usa pakai istilah pribumi atau etnis2 lagi. Wong sama sama bangsa indonesia. Kalau kita sendiri gk percaya perubahan dan bergerak ke arah perbaikan, ya kitalah sumber masalah negara. Yuk positif dan bergerak maju. Do what we can do. At least for ourselves first.

    ReplyDelete
  66. Jika anda bijak bukanlah beri nasehat jgn lihat kebelakang. Ini sungguh sejarah yg sgt terkutuk dan sanggat memalukan bangsa kita dan agama islam. Selalu saja yg berbuat kejahatan diindonesia memakai nama agamanya, rata2 islam. Kalolah kalian peduli sama agama kalian mesti kalian harus bersatu dan mendesak pemerintah untuk menyelesaikan sampai tuntas. Islam yg ajarannya benar2 bagus dinodain sama kelompok kepentingan. Dan asal nama agamanya dipakai, semua pada memihak kesana. Apa ini gk lucu. Negara beragama dan bersatu bukan ngomong saja. Tunjukan apa yg kalian lakukan buat kami dan para korban 1998. Agar negara kita benar bersatu. Kalo kasus yg memalukan ini dituntaskan sampai akar. Apa gk baik buat kita semua, baik islam , tiong hua, pribumi. Baru bisa membuktikan pribumi dan islam yg suci peduli sama kami. Agar negara kita bersatu dan meyelesaikan tanngung jawab sejarah terkutuk ini. Bayangkan saja kalo keluarga kalian digituin.

    ReplyDelete
  67. Gk ada lah sucinya dimulut doang, bilg haram dirinya lebih haram, melakukan kejahatan pun pakai

    ReplyDelete
  68. Solusi yg bermanfaat, dari pada dibilangin aliran sesat. Bilg cina komunis tau2 politik doang. Tau gk sejarahnya pki. Kalo terosis nyata kelompok kepentingan yg makai nama islam. Tapi gk ada yg berani mengadilinya dari agamanya. Malah dukung lagi. Ampun deh

    ReplyDelete
  69. Otak udang lu semua

    ReplyDelete
  70. Gue gak yakin prabowo bisa mimpin negara ini,mimpin rumah tangga aj gagal apalagi mimpin negara ini..tlg dipikir sblom mencoblos tgl 9 nanti..

    ReplyDelete
  71. udah jangan nulis komentar" yang g penting dan malah bikin panas otak
    mending mikirin baik" dan mateng" siapa yang pantas memimpin negara ini selama 5 tahun kedepan
    kalo yang milih prabowo ya mangga silahkan di coblos nomor 1 yang milih jokowi ya coblos nomer 2
    dan siapa yg menang dalam pemilihan presiden tahun 2014 ini saya harap dapat membangun indonesia ke arah yang baik
    dan jangan sampai kita semua rakyat indonesia saling bertengkar satu sama lainnya walaupun kita beda suku, ras, dan agama tetapi kita tetap satu yaitu bangsa indonesia.
    heheheheheh. :)
    sekian dari saya
    salam dari orang muda indonesia (18th)
    *pilihlah sesuai keyakinan hati anda tanpa ada hasutan dari orang lain

    ReplyDelete
  72. Terkutuk.............

    ReplyDelete
  73. Klo org tionghoa minggat.. jangankan sampah ! Taik pun kao tak bisa makan !

    ReplyDelete
  74. Gimana mau maju negara ini kalo isinya manusia2 kaya kalian semua yg terlalu sibuk membahas masa lalu?!
    Gimana mau maju juga bangsa ini kalo kalian semua rasis, menjelekkan agama, dan tidak bs toleran trhdp perbedaan!!

    ReplyDelete
  75. JUJUR GUE LIAT CUPLIKAN INI RASANYA SEDIH + MIRIS ABIS ! , TAPI SATU HAL APAKAH KALIAN TAU WAHAI ETNIS CHINA KALIAN MENYEBUT DIRI KALIAN WARGA NEGARA INDONESIA? TAPI KENAPA KALIAN HANYA INGIN BERBAUR DENGAN ETNIS KALIAN SAJA? KALIAN ITU RASIS DAN DIAM DIAM KALIAN MULAI INGIN MENAIKI TAHTA DI NEGARA REPUBLIK INDONESIA INI ?

    ReplyDelete
  76. Mau tionghoa mau pribumi ato apa lah klo udh berdiri di indonesia berarti saudara, penderitaan tionghoa pd tragedi mei 98 adalah masalah kita bersama. Coblos jokowi lah jgn yg pro kerusuhan

    ReplyDelete
  77. Waduh ko ini debat rasis yya? Saya pribumi punya sahabat tionghoa sampe kaka ipar pun tionghoa kami akur2 aja

    ReplyDelete
  78. Yo wes aq nyoblos jokowi ae..Tuhan Yesus ampuni mereka yg berdosa krn mereka tdk tau apa yg mereka perbuat..

    ReplyDelete
  79. Saya keturunan china tp saya islam .. Yang salah bukan agama .. Tp memang mereka yang meyalah gunakannya .. Setiap masing2 agama mengajarkan untuk tidak menjelek2kan umat lain atau agama lain ... Apapun dan sekecil apapun yang sudah terjadi pasti akan di balas dengan Allah SWT . Dan ga cuma orang islam , tapi aku yakin semua agama yang bertindak kejahatan itu akan dibalas dihari nanti ... Biarlah tuhan kita yang membalas perbuatan keji mereka ,, bukan hukum ... Jadi jangan saling menjatuhkan satu sama lain .. Karena yang kalian diskusikan hanyalah dugaan dan ga ada gunanya juga ... Doakan saja kepada mereka2 yang menjadi korban ... Salam damai

    ReplyDelete
  80. Dukung jokowi (revolusi mental tuk org indonesia).pemimpin yg jujur adil dan merakyat.udh terbukti ( dari mukanya sudah tau muka orang baik). Mental . Mental orang dibentuk oleh orang tua,guru2,dan lainlain. Contoh mental orang indonesia dari agama : saat lebaran meminta,saat orang tionghua merayakan imlek meminta sumbangan. Saat lg puasa tengah malam teriak sahur,pake drummer maching band segala, saat imlek pake mercun tuk merayakan digebukin.datang langsung pak rt org islamnya tanya ada gak minta surat gitu(mentalnya mao duit gitu). Contoh 2: guru2 disekolah digaji sekolahnya buat mengajarkan pengetahuan pengetahuan yg ada pada guru kepada muridnya. Akan tetapi zaman dah berubah contohnya di sekolah kristen mao pun mana aja guru meminta sumbangan kepada muridnya klo gak dikasi nanti nilainya jelek loh ,para ibu2 goblok saling berlomba2 memberikan kado buat siguru supaya nilai dan anaknya diperhatiin gitu. Jd akhir kata dukung jokowi buat revolusi mental org indonesia. Bantai mental kotor. (+dlm politik dan dipemerintahan jgn pake agama.agama tidak cocok dgn politik. Hilangkan menteri agama)

    ReplyDelete
  81. kalo lo pada benci dan menjelekan indonesia,,knapa juga lo orang china msih tinggal dan mencari makan di indonesia??? knpa lo tdk balik ke negara lo?? dasar china munafik.......gue jga orang china,tp gue tdk semunafik kalian..

    ReplyDelete
  82. Wahai saudara2 ku Artikel seperti ini ni yg bikin pecah belah bangsa.. jgn terpancing.. ane kira adminya memanas manasin aja sesama saudara indonesia.. berkoar koar juga gak ada gunanya yh saling hujat..topic closed,

    ReplyDelete
  83. Setau saya semua pengusaha di Indonesia adalah Etnis Tionghoa, coba liat boss anda ? Tionghoa kan ? Klo Etnis Tionghoa pergi mau jd apa Infonesia..hehe..ya udh Jokowi deh..

    ReplyDelete
  84. heran ya liat org pribumi pd otak nya kmn ya?! kalian bayangin kalo tionghoa yg perkosa kaum kalian apakah kalian akan ngamuk? otomatis kalian bakal ngamuk!! skrg kaum tionghoa yg diperkosa wajarlah kita mengamuk!! kalian pilih prabowo krn dibayar?! kasian banget ya kalian hidup hanya krn dibayar. otak tuh dipake. smua agama tu sama aja ga ada beda nya.. tp tergantung dl klakuan kalian jg. islam emank dr dulu aneh. babi ga boleh makan. kalian mau makan apa ga makan toh sama aja kalian ga mati toh. kalian tu bnr2 sok kepinteran tp gobloknya minta ampun. mau siapapun pelakunya intinya prabowo tau masalah itu. knp ga dr dl dia mengakuinya.namanya tu org hanya pncitraan doank! demi carmuk prabowo dan antek2nya seperti ahmad dani, nurul arifin belain prabowo dan hatta kan.. krn mreka sama TOLOLNYA!!

    ReplyDelete
  85. Saya chines....
    yg saya liat dr komentar2 diatas hanya saling menjatuhkan n saling menghina saja. Gak ada hubungan dengan agama n ras. Yg ada manusia yg sifat n kelakuan nya yg salah. Musuh terbesar manusia ada ego n hati manusia itu sendiri. Ada pepatah mengatakan kura2 menertawakan penyu tidak punya bulu.jadi kita sebagai manusia harus bercermin dl.saya tidak membela siapa pun.tp tragedi 98 emanh keji.itu aja komentar saya

    ReplyDelete
  86. Orang mengaku memiliki agama... tp sesungguhnya mereka tidak akan pernah jiwa mereka tidak akan pernah selamat jika tidak saling menghargai menghormati, dan mengerti akan indahnya perbedaan... hal diatas memang salah satu tindakan biadap yang terjadi... dan orang2 yang tidak pernah mengalami hal ini secara nyata hanya dengan seenak jidat berkomen dan menghina semaunya, karena mereka sungguh2 tidak mengerti penderitaan orang lain... ketika hal ini terjadi pada diri kalian sendiri, keluarga kalian sendiri, orang yang paling kasihi apakah kalian masih bisa seenak jidat ngomong sembarangan? Dan memang hal ini sudah terjadi dan kita tidak bisa berbuat apa2, apa lagi orang2 biadap itu masih tersembunyi dan hal ini tidak pernah masuk ke meja sidang dan penyelidikan... saya berharap hal2 brengsek seperti ini tidak akan terulang lagi... semoga yang menjadi korban dapat beristirahat dengan tenang di sisi Tuhan (siapapun Tuhan mereka)... dan semoga orang2 brengsek yang melakukan itu mengerti dan bertobat akan kesalahan mereka sebelum terlambat...

    ReplyDelete
  87. indonesia hukumnya ga tegas ya gitu, di tambah pemerintah di pimpin org2 tolol, haus kekuasaan.. coba di negara lain.. tembak mati lgsg, liat sapa yg berani ulangi perbuatannya.. coba di indo hukumnya gitu, mana mungkin ada kerusuhan mei 1998..

    ReplyDelete
  88. Ceramah sedikit tentang agama islam. Orang indonesia yg beragama islam lihat baik2. Allah tidak akan menghapuskan dosamu bila didalam hatimu akan mengulangi perbuatan tercela.klo benar2 bertobat allah cuma bisa meringankan hukuman yg akan diterima di akhirat. Wahai org islam yg benar jgn seenak jidat kalian tuk mengatas namakan islam tuk melakukan perbuatan ygg dilarang oleh allah swt. Dan untuk saudara saudara yg bukan muslim. Yakinkan kepada tuhan yg diyakini.tuhan allah maha kasih maha kuasa yakinkan perbuatan jahat apapun akan diadili didunia ini maupun diakhirat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Puffin Web Browser - Android/IOS

Mengatasi masalah system kekurangan memory dan sering keluar error : Insufficient system resources exist to complete the requested service.