Liat proses pembuatan HP yuk

1.SURVEY


Biasanya tim vendor akan melihat pasar dan melakukan survey. Mereka ndak enggan untuk beli handphone pesaing dan kemudian dipreteli untuk diliat jeroan serta teknologinya. Apalagi kalo pesaing ngeluarin handset baru yang teknologinya anyar. Nah, setelah mendapat masukan dari tim marketing maka tim desain akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan trend yang ada.


2.IDE

Setelah tim desain menemukan ide dan konsep, maka mereka segera merancang bentuk handset atau handphone serta pembalut/kulit lapisan handphone dan fitur pengiring. Selain itu mereka juga menentukan tebal tipis yang sesuai dan ikon atau trade ponsel yang mau dibuat.


3.SKETSA



Segera setelah sketsa gambar selesai dibuat maka dibuatlah ponsel-ponselan alias dummy (baca dami) alias mainan tapi ukuran sudah sesuai dengan aslinya.


4.PRESENTASI



Hasil dummy tadi dipresentasikan kepada tim manajemen dan diuji tingkat ergonomisnya serta kesesuaian dengan pasar atau trend. Setelah itu jenis material/bahan pembuatan baru ditentukan, begitu juga dengan warna yang sesuai akan ditentukan.


5.PRODUKSI



Lolos dari uji ergonomis maka proses produksi dimulai. Nah proses produksi ini yang menarik. Vendor ponsel seperti Nokia, Motorola dan SE tidak membuat penuh semua material atau bahan pembuatnya, so hanya chip-chip tertentu atau motherboard ponsel yang mereka buat. Sebagian bahan ada yang dibuat di luar negeri untuk menghemat biaya, antara lain Cina atau India. Mereka memesan produk bahan tertentu sesuai dengan syarat yang mereka ajukan ke pabrik, istilahnya ODM (Oroginal Design Manufacturer).


6.PARTS



Nah, untuk bagian yang sangat umum seperti baterai atau terkadang LCD mereka pesan secara borongan dari pabrikan OEM (Original Equipment Manufacture).

7.OTOMATIS



Proses produksi yang dilakukan sendiri oleh pabrik vendor dilakukan oleh robot. Hasilnya pasti lebih rapi dan cepat khan. Masak kita mau nyolder sendiri satu persatu. Cuman kalau dah jadi ponsel manusianya tinggal ngrakit, masang segel dan casing plus ngepak alias masukin ke dos beserta batre, handsfree, buku, CD dan kabel data atau fitur yang lain tergantung vendornya.


8.DISTRIBUSI



Setelah selesai maka bagian pemasaran akan menjual ke berbagai Negara alias diekspor melalui distributor yang telah ditunjuk di masing-masing Negara.


Lebih Lengkapnya Lihat gambar di Bawah Ini.

































 
 semua pasti kenal dong dengan yang namanya Handphone nokia
Gadget yang satu ini merupakan produk buatan dari Finlandia
NOKIA berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan.
nah, ane gak ngebahas sejarah nya, tapi mari kita lihat proses produksi nokia di pabriknya...

Comments

Popular posts from this blog

Pemerkosaan Perempuan Amoi di Jakarta Saat Insiden Mei 1998

Puffin Web Browser - Android/IOS

Skandal Menik dan Ayah Angkatnya